• Senin, 20 September 2021

Juara 1 Lomba Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional Dimenangkan SMA Negeri 70

- Selasa, 14 September 2021 | 19:19 WIB
Juara 1 Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Dimenangkan SMA Negeri 70 (Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)
Juara 1 Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Dimenangkan SMA Negeri 70 (Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

Jakarta, Giwangkara - Perpustakaan adalah pusat bagi mereka yang mencari pengetahuan. Tak hanya pengetahuan, sekarang perpustakaan didesain agar ramah bagi mereka yang gemar membaca buku.

Perpustakaan memiliki banyak buku, dari novel hingga ensiklopedia. Banyaknya buku yang harus dikelola membuat pengelolaan perpustakaan harus lebih diatur agar lebih memudahkan pembaca dan pengelola.

Dilansir dari beritajakarta.id pada artikel berjudul SMA Negeri 70 Juara 1 Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional.

Prestasi membanggakan ditorehkan SMA Negeri 70 Jakarta yang telah berhasil menjadi Juara 1 dalam Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional RI.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Hariyadi berharap momentum ini menjadi motivasi bagi perkembangan perpustakaan di Jakarta, khususnya di sekolah-sekolah dan menjadi titik awal peningkatan kolaborasi dalam upaya membudayakan kegemaran membaca.

"Terima kasih kepada segenap jajaran SMA Negeri 70 atas dedikasi dan usahanya sehingga mampu menorehkan sejarah terbaik bagi dunia perpustakaan sekolah di Indonesia dan khususnya di DKI Jakarta. Selamat dan sukses kepada Perpustakaan Ki Hajar Dewantara SMA Negeri 70 Jakarta atas keberhasilannya menjadi Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2021," ujarnya, Selasa (14/9).

Baca Juga: Tips Menyimpan Makanan Sisa di Rumah

Kepala SMA Negeri 70 Jakarta, Ratna Budiarti mengatakan, pengumuman pemenang lomba dilakukan pada 13 September secara virtual melalui aplikasi Zoom. SMA Negeri 70 berhasil menjadi yang terbaik mengalahkan perwakilan sekolah dari 34 provinsi.
"Ini menjadi sejarah, untuk kali pertama sekolah di Jakarta berhasil menjadi Juara 1 Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional. Dalam lomba tahun lalu 2020 perwakilan DKI Jakarta hanya meraih Juara Harapan 1," bebernya.

Ratna menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang sudah diraih karena sudah bisa ikut mengharumkan SMA Negeri 70 Jakarta di kancah nasional.
"Alhamdulillah, kami bisa memenuhi harapan Pak Gubernur. Kami bertekad Jakarta bisa menjadi barometer, terima kasih kepada seluruh komunitas sekolah dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yang sudah memberikan asesmen dan dukungan," ungkapnya.

Sementara itu, Pengelola Perpustakaan Ki Hajar Dewantara SMA Negeri 70 Jakarta, Cecep Sulaeman menambahkan, prestasi ini berhasil diraih berkat kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pihak serta pembinaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta.
"Perpustakaan KI Hajar Dewantara SMA Negeri 70 Jakarta memiliki fasilitas lengkap. Perpustakaan memiliki 5.925 judul buku non-fiksi, 855 judul fiksi, 6.003 judul e-Book hingga aksara maya yang mencapai 4.920 judul," terangnya.

Baca Juga: Mengenal Toxic Parenting dan Contohnya, Orang Tua Wajib Baca!

Menurutnya, Perpustakaan KI Hajar Dewantara SMAN 70 menggunakan area seluas 550 meter persegi dan menjadi perpustakaan sekolah terluas di Jakarta.
"Perpustakaan juga dilengkapi Wi-Fi dengan kecepatan 250 Mbps. Kami memiliki berbagai program unggulan seperti, Green Literacy, Elektronik Daftar Tajuk Subyek (E-DTS), Drive Thrue e-Book dan Literacy on the Bus Stop," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Tahun 2021 berhasil menjadi Juara 2 untuk kategori Perpustakaan Sekolah/Madrasah Lanjutan Tingkat Atas adalah Perpustakaan Loka Ghana SMA Negeri 1 Sedayu, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan, Juara 3 diraih Perpustakaan Surya Cendekia SMA Negeri 1 Bobotsari, Jawa Tengah.

(Aldi Geri Lumban Tobing/Beritajakarta.id)

Editor: Satria Ilham Sagara

Sumber: Beritajakarta.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masih Berminat Beli Tanah Kavling di Lubuklinggau?

Senin, 20 September 2021 | 13:17 WIB

Viral Deklarasi FPI Baru

Rabu, 15 September 2021 | 15:24 WIB

Pemkot Bogor Bakal Gandeng Seniman Grafiti

Jumat, 3 September 2021 | 23:41 WIB

Bendungan Walahar Beuki Kamashur

Rabu, 1 September 2021 | 15:44 WIB
X