• Senin, 20 September 2021

Curhatan Pilu para Supir di Kawasan Wisata Kawah Putih, Endang: Semoga Tidak Ditutup Lagi

- Senin, 13 September 2021 | 16:35 WIB
mobil wisata kawah putih (trianarepa.com)
mobil wisata kawah putih (trianarepa.com)

Kab. Bandung, Giwangkara.com -- Sepekan setelah dibukanya kembali tempat wisata di Kabupaten Bandung menjadi cerita tersendiri bagi para pelaku usaha yang bergelut di bidang wisata, khususnya para pedagang dan jasa tranportasi.

Contohnya tempat wisata yang ada di daerah Ciwidey tepatnya di Kawah Putih. Bagi anda yang sudah pernah ke Kawah putih tentunya anda akan berjumpa dengan para mobil angkutan umum yang berubah menjadi angkutan wisatawan yang hendak ke bibir kawah.

Salah satu pelaku usaha, Enjang Rohmat (40) yang mengendarai mobil angkutan wisata itu pun melaju dengan cepat di track menanjak menuju puncak Kawah Putih. Tidak sampai di situ, mobil berwarna oranye itu dengan lihainya melaju dengan cepat di kelokan yang cukup tajam.

Dengan semangat, Enjang terus menginjak pedal gas mobil dengan jendela terbuka hingga sampai di terminal dekat kawah.


Semangat itu, ia tunjukkan sebagai bentuk syukur dengan dibukanya tempat wisata. Ia mengaku telah menganggur selama tiga bulan karena tempat wisata ditutup.

"Alhamdulilah sudah buka, soalnya mata pencaharian banyak supir dari ontang anting (angkutan wisata). Yang tadinya ditutup, kita hilang mata pencaharian. Alhamdulilah bisa dibuka lagi, bisa bikin dapur 'ngebul' lagi," ucap Enjang saat menunggu penumpang, Minggu (12/9/2021).

Ia menuturkan selama tiga bulan, mobil angkutannya terparkir di dalam kawasan wisata. Beruntung mobil angkutannya sering dirawat, banyak dari mobil lainnya terpaksa diservis dan mengeluarkan biaya operasional kembali.

Dirinya menuturkan terpaksa menganggur selama tiga bulan tersebut. Kadang, ia terpaksa mencari pekerjaan secara serabutan. Hal itu dilakukan demi dapur tetap mengebul.

"Tiga bulan setengah. Mobil di parkiran nganggur, mati total," ucapnya.

Halaman:

Editor: kwon oca

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Survei: Tokopedia Jadi Pilihan Terbaik UMKM Saat Ini

Kamis, 26 Agustus 2021 | 19:13 WIB
X