Tahun Depan Resesi Ekonomi Terjadi? Tak Perlu Khawatir, Simak 5 Tips Jitu dari OJK dalam Menghadapinya

- Jumat, 2 Desember 2022 | 16:58 WIB
Isu resesi ekonomi tahun 2023 semakin gencar, tak perlu takut menghadapinya. Simak tips jitu dari OJK (Tangkapan layar ojk.go.id)
Isu resesi ekonomi tahun 2023 semakin gencar, tak perlu takut menghadapinya. Simak tips jitu dari OJK (Tangkapan layar ojk.go.id)

Giwangkara.com - Dampak adanya resesi ekonomi akan mengubah secara signifikan kebiasaan daya beli masyarakat hingga aktivitas sosial masyarakat.

Imbasnya, aktivitas ekonomi mulai terganggu dan berakibat pada pelemahan daya beli serta pertumbuhan ekonomi melambat yang terjadi karena resesi ekonomi tersebut.

Maka, resesi ekonomi ini dikhawatirkan mempunyai dampak secara simultan pada seluruh aktivitas ekonomi.

Baca Juga: Apa Itu Resesi Ekonomi 2023? Bagaimana Dampaknya Bagi Indonesia? Sikapi Uangmu dari Sekarang

Dilansir dari laman resminya, OJK memberikan tips jitu dalam menghadapi resesi ekonomi, di antaranya:

1. Mulailah untuk menyisihkan 20% dari dana yang digunakan untuk dialokasikan pada investasi, asuransi jiwa & kesehatan serta dana darurat.

Perlu diingat, hal ini sangat penting ketika kita kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba karena perusahaan merugi atau bangkrut.

Baca Juga: 5 Drakor yang Tayang Bulan Desember 2022 untuk Teman Akhir Tahun, Baca Dulu Sinopsisnya Disini!

2. Mengurangi dengan tidak menambah beban-beban pengeluaran seperti hutang.

Jika memungkinkan, maka segera lunasi atau jika dirasa masih sangat berat maka segera negosiasikan dengan mengajukan ke lembaga jasa keuangannya untuk restrukturisasi.

3. Lihat kembali portofolio investasi, jika kondisi pasar global sudah mulai menurun maka segeralah atur ulang portofolio investasi kedalam bentuk yang lebih aman seperti emas.

Halaman:

Editor: Rizal Zulfikar

Sumber: OJK

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X