• Minggu, 22 Mei 2022

Maraknya Kawin Kontrak Dikawasan Puncak, MUI Bogor Usulkan Perda agar Bisa Ditindak

- Senin, 20 Desember 2021 | 15:33 WIB
Maraknya Kawin Kontrak Dikawasan Puncak, MUI Bogor Usulkan Perda agar Bisa Ditindak.
Maraknya Kawin Kontrak Dikawasan Puncak, MUI Bogor Usulkan Perda agar Bisa Ditindak.

giwangkara.com -- Sudah menjadi rahasia umum di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor dan juga Cipanas, Kabupaten Cianjur banyak terjadi praktik-praktik pernikahan antara wisatawan manca negara dengan warga setempat.

Pernikahan dengan jangka waktu tertentu yang sering disebut kawin kontrak tersebut cukup meresahkan karena memang menyalahi aturan baik secara agama maupun hukum positif yang berlaku.

Bahkan disinyalir terjadi eksploitasi seksual prostitusi berkedok kawin kontrak dengan tarif tertentu antara 5 – 10 juta rupiah dengan durasi 3 - 7 hari seperti pernah diungkap oleh Bareskrim Polri tahun 2020 yang lalu.

Baca Juga: 3 Sunnah Sebelum Jima’ Agar Semakin Romantis yang Jarang Diketahui Pasutri

Kasus kawin kontrak muncul kembali ke permukaan setelah terjadi kasus tewasnya seorang wanita pelaku kawin kontrak yang dipaksa minum air keras oleh pasangannya di wilayah Cianjur.

Meskipun Pemerintah Kabupaten Cianjur telah  menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Cianjur tentang Pencegahan Kawin Kontrak pada Juni 2021 yang lalu, namun nampaknya masih saja terjadi praktik-praktik tersebut.

Berkaca pada kejadian-kejadian yang meresahkan tersebut, MUI Kabupaten Bogor mendorong Pemkab Bogor untuk membuat Perda sehingga dapat menindak para pelaku kawin kontrak.

Dilansir dari tempo.co, Ketua Bidang Pendidikan MUI Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar mengatakan dorongan tentang Perda Kawin Kontrak atau Kawin Wisata itu secara resmi diusulkan dalam hasil Ijtima ’Ulama Bogor yang digelar pada 13 Desember 2021.

Saepudin menyebut, usulan Perda itu termaktub dalam point hasil ijtima dan langsung diserahkan kepada Bupati Bogor, Ade Yasin.

Halaman:

Editor: Sandy D. Rochmana

Sumber: Tempo.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Hukum Memakamkan Jenazah di Malam Hari

Kamis, 10 Februari 2022 | 15:37 WIB

Istikamah, Anugerah Terindah

Kamis, 10 Februari 2022 | 15:19 WIB

Hukum Berwudhu di Toilet, Benarkah Tidak Sah?

Selasa, 8 Februari 2022 | 22:18 WIB

Peristiwan Ini yang Terjadi saat Hari Isra Miraj

Kamis, 3 Februari 2022 | 20:31 WIB

Doa Orang Tua untuk Anaknya Laksana Doa Nabi!

Kamis, 13 Januari 2022 | 17:44 WIB

Ini Dia Tes untuk Mengukur Tingkat Ketaqwaan Anda

Selasa, 11 Januari 2022 | 14:39 WIB
X