• Minggu, 22 Mei 2022

Hukum Berwudhu di Toilet, Benarkah Tidak Sah?

- Selasa, 8 Februari 2022 | 22:18 WIB
Ustadz adi Hidayat. (YouTube Adi Hidayat official)
Ustadz adi Hidayat. (YouTube Adi Hidayat official)

Giwangkara.com – Idealnya memang tempat wudhu itu terpisah dengan toilet,
namun kebanyakan dalam kehidupan kita sehari-hari sering ditemui ditempat wudhu yang menyatu dengan toilet seperti di mall ataupun tempat umum yang lainnya, namun apakah boleh berwudu di tempat toilet.

Dalam salah satu ceramah Ustadz Adi Hidayat pada kanal YouTubenya pun ada yang mengupas mengenai hal ini, menurutnya sebenarnya tidak ada hukum haram ataupun sejenisnya ketika berwudhu di toilet, namun karena dalam wudhu terdapat bacaan dan kalimat thoyibah mana tidak tepat seandainya diucapkan di toilet.

Adapun ketika kondisi mendesak ataupun darurat seperti ketika di mall dan tempat umum yang tidak mengadakan fasilitas mushola maka di perbolehkan dengan catatan membaca bacaannya harus dalam hati.

Baca Juga: 3 Surat dalam Al quran yang Bisa Melepaskan Manusia dari Jeratan Utang, Berikut Ulasannya

Didalam video yang berdurasi 10 menit tersebut, Ustadz Adi Hidayat langsung membuka sesi tanya jawab untuk ikhwan.

"Pertanyaan tentang tempat duduk di rumah kan terkadang tempat duduknya itu menyatu dengan toilet WC itu bagaimana," tutur Mas Wildan Akbar (salah satu jamaah dalam majelis tersebut).

"Baik terima kasih Mas Wildan, semoga pertanyaan ini juga mewakili pertanyaan dari saudara-saudara kita yang lain terkait dengan hal yang dimaksudkan idealnya memang tempat wudhu itu berpisah dengan toilet," kata Ustadz Adi Hidayat.

"Mengapa? Karena ketika berwudhu kita menyertakan berbagai macam kalimat-kalimat thayyibah yang mengiringi proses wudhu baik sebelum ataupun setelahnya,
ya bukankah kita saat berwudhu kan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim sebagai salah satu adab untuk memulai kita mengerjakan segala kebaikan dengan dasar yang gak bisa bedakan," imbuhnya.

kemudian juga di akhir wudhu kita juga akan berdoa dengan mengucapkan syahadatain dan juga Lailahaillallah muhammadarrasulullah kemudian kita mengatakan kalimat-kalimat thayyibah yang berupa permohonan doa dalam kebaikan ataupun asma-asma yang mulia itu kan umumnya tidak diutarakan saat kita berada di dalam toilet, ya Karena punya sifat tertentu yang sifatnya hanya untuk menyalurkan atau membuang ada yang sifatnya kecil ataupun juga besar dengan cara-cara tertentu yang boleh jadi juga melahirkan najis.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: YouTube Adi Hidayat Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Hukum Memakamkan Jenazah di Malam Hari

Kamis, 10 Februari 2022 | 15:37 WIB

Istikamah, Anugerah Terindah

Kamis, 10 Februari 2022 | 15:19 WIB

Hukum Berwudhu di Toilet, Benarkah Tidak Sah?

Selasa, 8 Februari 2022 | 22:18 WIB

Peristiwan Ini yang Terjadi saat Hari Isra Miraj

Kamis, 3 Februari 2022 | 20:31 WIB

Doa Orang Tua untuk Anaknya Laksana Doa Nabi!

Kamis, 13 Januari 2022 | 17:44 WIB

Ini Dia Tes untuk Mengukur Tingkat Ketaqwaan Anda

Selasa, 11 Januari 2022 | 14:39 WIB
X