• Minggu, 22 Mei 2022

Istikamah, Anugerah Terindah

- Kamis, 10 Februari 2022 | 15:19 WIB
Istiqomah merupakan salah satu akhlak mulia. Credit: pexels.com/pixabay
Istiqomah merupakan salah satu akhlak mulia. Credit: pexels.com/pixabay

Giwangkara.com - Anugerah Terindah, Segala puji bagi Allah Ta’ala, Rabb yang telah menciptakan kita dan orang-orang sebelum kita agar kita beriman dan istikamah di atas ketaatan kepada-Nya.

Selawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi terakhir dan kekasih Ar-Rahman, sang pembawa petunjuk dan agama yang benar untuk dimenangkan di atas seluruh agama yang ada. Amma ba’du.

Saudara-saudaraku sekalian.

Kita hidup di zaman yang penuh dengan cobaan dari Allah Al-‘Aziz Al-Hakim. Cobaan dan ujian yang menyelimuti umat manusia ibarat derasnya hujan yang menyirami bumi, bahkan terkadang bergelombang menyerang silih berganti bak ombak lautan yang menerjang tepi-tepi pantai.

Baca Juga: Hukum Berwudhu di Toilet, Benarkah Tidak Sah?

Mahasuci Allah dari melakukan perbuatan yang sia-sia. Sesungguhnya, dengan ujian dan musibah yang mendera manusia akan menampakkan kepada kita siapakah orang yang tegar di atas jalan-Nya, dan siapakah orang-orang yang berjatuhan dan melenceng dari jalan-Nya yang lurus.

Istikamah merupakan sebuah perkara yang sangat mulia, yang tak akan ditemukan jawabannya, kecuali dari jawaban seorang utusan Rabb semesta alam. Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan di dalam Shahih-nya,

عَنْ سُفْيَانَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الثَّقَفِيِّ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قُلْ لِي فِي الْإِسْلَامِ قَوْلًا لَا أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَدًا بَعْدَكَ وَفِي حَدِيثِ أَبِي أُسَامَةَ غَيْرَكَ قَالَ قُلْ آمَنْتُ بِاللَّهِ فَاسْتَقِمْ

“Dari Sufyan bin Abdullah Ats-Tsaqafi. Dia berkata, ‘Aku berkata, ‘Wahai Rasulullah, katakanlah kepada saya suatu ucapan di dalam Islam yang tidak akan saya tanyakan kepada seorang pun sesudah Anda.’ Sedangkan dalam penuturan Abu Usamah dengan ungkapan, “orang selain Anda.’ Beliau (Rasulullah) menjawab, ‘Katakanlah, ‘Aku beriman kepada Allah, kemudian istikamahlah.”” (HR. Muslim dalam Kitab Al-Iman, lihat Syarh Nawawi [2: 91-92])

Halaman:

Editor: Amat Heryadin

Sumber: muslim.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Hukum Memakamkan Jenazah di Malam Hari

Kamis, 10 Februari 2022 | 15:37 WIB

Istikamah, Anugerah Terindah

Kamis, 10 Februari 2022 | 15:19 WIB

Hukum Berwudhu di Toilet, Benarkah Tidak Sah?

Selasa, 8 Februari 2022 | 22:18 WIB

Peristiwan Ini yang Terjadi saat Hari Isra Miraj

Kamis, 3 Februari 2022 | 20:31 WIB

Doa Orang Tua untuk Anaknya Laksana Doa Nabi!

Kamis, 13 Januari 2022 | 17:44 WIB

Ini Dia Tes untuk Mengukur Tingkat Ketaqwaan Anda

Selasa, 11 Januari 2022 | 14:39 WIB
X