• Sabtu, 13 Agustus 2022

Ini Kedahsyatan Surat Al-Mulk

Rian Andrian
- Selasa, 5 Juli 2022 | 12:47 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

Giwangkara.com - Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam tidak hanya sebagai pedoman hidup di dunia, melainkan juga keselamatan di akhirat. Seperti diketahui bahwasanya banyak surat yang memberikan keselamatan bagi orang yang rutin membaca dan mengamalkannya.

Salah satunya ialah surat Al-Mulk. Al-Mulk sendiri memiliki arti Kerajaan dan termasuk golongan surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekah.

Surat Al-Mulk memiliki banyak faedah dan keistimewaan di dalamnya. Tentunya hal tersebut membuat surat ini memiliki keistimewaan yang berbeda dari surat-surat yang lainnya. Lalu, apa saja kesitimewaan itu? Dan apa kedahsyatan bagi pembacanya?

Baca Juga: Islam Memberi Solusi Efektif Mengatasi Kemiskinan

Berikut ulasannya.

  1. Mendapat Syafaat

Al-Qur’an sebagai penyelamat dan syafaat bagi pembacanya, tentunya hal ini tak lepas dari konsistensi pembacanya. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Bahwasanya suatu surat di dalam Al-Quran mempunyai 30 ayat, yang memberikan syafaat kepada pembacanya sehingga diampuni oleh Allah dosa orang itu, yaitu: Tabarakallazi bi yadihil mulk, Maha Suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan.” (HR Abu Dawud)

  1. Menyelamatkan dari Siksa Kubur

Sebelum manusia berada di titik akhir yakni surga dan neraka, mereka akan mengalami proses yang sangat Panjang. Salah satunya adalah alam kubur. Di alam kubur tersebut manusia yang amal baiknya banyak tentunya akan mendapat kenikmatan selama di alam tersebut, namun yang amalnya sedikit pastilah mereka akan mendapat siksaan. Oleh karena itu, Surat Al-Mulk menjadi penghalang bagi siksaan kubur.

Dari Abdullah bin Mas’ud mengatakan: “Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah azza wajalla menghindarkannya dari azab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah SAW (masih hidup) menamainya 'al-Mani’ah' (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. Nasa’i).

Baca Juga: Berikut Hukum Memakamkan Jenazah di Malam Hari

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Tags

Terkini

Fadilah Doa Nabi Yunus Yang Dapat Mengabulkan Hajat

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:16 WIB

Amalkan Doa Nabi Yunus : Agar Hajat Terkabul

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 06:52 WIB

Arti Surat An Nas, Tafsir Ayat 1-6

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 01:51 WIB

Perbanyak Sedekah Di Bulan Lebaran Anak Yatim

Rabu, 10 Agustus 2022 | 04:10 WIB

Memaknai Hari Lebaran Yatim

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:16 WIB

Peristiwa Penting pada 10 Muharram

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:15 WIB

3 Cara Ampuh Meraih Cita cita Menurut Islam

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:17 WIB

Ingin Hajat Cepat Di Kabulkan? Amalkan Doa Ini.

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:34 WIB

Keindahan Bulan Muharram Bagi Umat Islam

Rabu, 3 Agustus 2022 | 13:33 WIB

Konsep Mencari Rezeky Dalam Islam

Minggu, 31 Juli 2022 | 21:12 WIB
X