• Jumat, 27 Mei 2022

Wajib Tahu! Ini Dia 5 Makanan dengan Kandungan Zat Besi yang Tinggi

- Senin, 13 Desember 2021 | 15:41 WIB
Ilustrasi makanan sehat  (halodok.com)
Ilustrasi makanan sehat (halodok.com)

Giwangkara.com -- Dalam cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Zat besi merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kekurangan zat besi adalah kejadian umum, tapi tidak disarankan untuk tidak melakukan apa pun terhadapnya. Kekurangan zat besi mengacu pada kurangnya sel darah merah yang sehat dalam tubuh karena hemoglobin turun.

Seperti dilansir dari Liputan6.com, Senin (13/12/2021), Kekurangan zat ini sangat umum, terutama di kalangan wanita ketika mereka mulai menstruasi, selama kehamilan atau ketika mereka mendekati menopause. Gejala yang paling umum dari kekurangan zat besi adalah kelelahan kronis, periode tertunda atau terlalu berat, nyeri dada, sesak napas, pusing, tangan/kaki dingin, dan pucat, bahkan anemia.

Baca Juga: Menteri BUMN Akan Berikan Beasiswa Bagi Anak-anak Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Berikut 5 makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi dan bisa membantumu menjaga kadar zat besi dalam tubuh secara alami:

1. kacang polong
Kacang polong sangat kaya akan zat besi dan dalam porsi kecil dapat memberi Anda 26-29% zat besi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu memasukkannya ke dalam diet Anda secara teratur dapat memecahkan masalah kekurangan zat besi Anda secara efisien dan lengkap. 

2. Daging Organ
Hati, ginjal, otak dan jantung, semua jeroan merupakan sumber yang kaya zat besi. Hati adalah sumber zat besi yang sangat kaya dan porsi kecil hati sapi dapat memberikan 36% zat besi yang dibutuhkan seseorang dalam sehari.

Baca Juga: Jangan Lupa untuk Nonton Kontes Miss Universe 2021, Berikut 80 Nama Para Kontestan dari Seluruh Dunia

3. Gula Merah
Gula merah adalah sumber gula nabati yang sangat baik untuk tubuh. Memasukkan sebagian kecil gula merah dalam diet harian Anda dapat sangat membantu kekurangan zat besi.
Meskipun satu porsi gula merah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda, mengganti gula putih biasa dengannya dapat membantu menambahkan lebih banyak zat besi ke dalam makanan Anda dan juga merupakan alternatif yang sehat.

4. Kismis yang Direndam
Kebanyakan buah-buahan kering merupakan sumber zat besi dan kismis yang baik, terutama yang kaya, tembaga, dan vitamin yang merupakan bagian integral dari pembentukan sel darah. Merendam delapan sampai sepuluh kismis dalam air semalaman dan memakannya keesokan harinya dapat sangat membantu kesehatan darah.

Baca Juga: PKS Beri Keterangan dan Benarkan Wali Kota Bandung Meninggal Dunia

5. Bayam
Bayam benar-benar bekerja sangat baik untuk otot dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Ini mengandung zat besi dalam jumlah tinggi dan mengonsumsinya sebagai sayuran dua kali seminggu atau mengonsumsinya dalam bentuk lain terbukti menjadi sumber zat besi yang baik.

Editor: kwon oca

Sumber: Liputan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Membuat Jus Sehat, Bergizi dan Lezat

Sabtu, 15 Januari 2022 | 19:27 WIB

4 Tips Ampuh Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Memasak

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:13 WIB

Manfaat Diet Puasa atau Intermittent Fasting

Jumat, 31 Desember 2021 | 18:02 WIB
X