• Jumat, 27 Mei 2022

Awas! Kenali 4 Dampak Buruk Sering Nonton Film Seharian

- Kamis, 23 Desember 2021 | 11:58 WIB
Nonton film seharian dapat berdampak buruk untuk kesehatan  (reddoorz.com)
Nonton film seharian dapat berdampak buruk untuk kesehatan (reddoorz.com)

Giwangkara – Pandemi yang berkepanjangan membuat banyak orang akan lebih sering berada di rumah. Selain work from home, waktu luang di rumah akan diisi dengan menekuni hobi seharian, misalnya menonton film.

Melansir cnnindonesia.com, studi menunjukkan bahwa di masa pandemi Covid-19 aktivitas binge-watching melonjak daripada biasanya.

Binge-watching adalah aktivitas menonton sejumlah episode drama atau beberapa film sekaligus dalam sekali duduk. Orang yang sedang maraton film ini biasanya kuat hingga 12 bahkan 24 jam.

Aktivitas berlebihan ini tentu saja dapat membahayakan kesehatan jika tidak dikendalikan dengan baik. Inilah beberapa dampak yang ditimbulkan dari menonton film seharian.

  1. Kecanduan

Binge-watching dapat menyebabkan kecanduan. Bukan tentang berapa banyak episode yang ditamatkan melainkan efeknya sendiri.

Seseorang yang sudah kecanduan akan menggantungkan hari-harinya pada aktivitas ini. Dengan demikian aktivitas lainnya seperti pendidikan dan pekerjaan akan terganggu.

  1. Kecemasan-depresi

Dikutip dari Independent, studi di Taiwan menunjukkan bahwa menonton film seharian erat kaitannya dengan gejala kecemasan, depresi, dan kesepian. Jika sudah demikian maka hubungan sosialnya akan terganggu karena akan sering mengisolasi diri.

  1. Meningkatkan risiko penyakit

Aktivitas binge-watching biasanya dilakukan sambil rebahan atau duduk dalam jangka waktu lama dengan persiapan makanan yang banyak. Kondisi ini dikhawatirkan bisa merusak postur tubuh. Selain itu juga akan meningkatkan risiko penyakit obesitas, diabetes, jantung, dan penyakit kardiovaskular.

  1. Mengalami gangguan tidur

Seseorang yang kecanduan binge-watching akan rela mengorbankan waktu tidurnya. Akibatnya kualitas tidur akan menurun. Belum lagi paparan sinar biru yang merusak mata juga akan menyebabkan sakit kepala.

Halaman:

Editor: Satria Ilham Sagara

Sumber: cnnindonesia.com, Beautynesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Membuat Jus Sehat, Bergizi dan Lezat

Sabtu, 15 Januari 2022 | 19:27 WIB

4 Tips Ampuh Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Memasak

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:13 WIB

Manfaat Diet Puasa atau Intermittent Fasting

Jumat, 31 Desember 2021 | 18:02 WIB
X