• Rabu, 27 Oktober 2021

Taukah kamu? Begini Cara Kerja Vaksin Covid-19

- Minggu, 26 September 2021 | 20:05 WIB
ilustrasi Vaksin. (pixabay)
ilustrasi Vaksin. (pixabay)

Giwangkara - Sekarang ini hampir setiap saat Pemerintah mengingatkan kita untuk melakukan vaksin dan disiplin protokol kesehatan (prokes) demi memutus mata rantai Covid-19.

Oleh karena itu, berbagai jenis vaksin lokal ataupun luar negeri, Pemerintah datangakan ke berbagai pelosok daerah, salah satunya yaitu vaksin Covid-19 Astrazeneca.

Namun taukah kamu efek dan reaksi vaksin setelah masuk ke dalam sistem tubuh kita? Dilansir dari kanal youtube Sekertariat Presiden RI, dijelaskan secara sistem medis dan ilmu kedokteran bagaimana reaksinya.

Baca Juga: 'Menuju 37 Juta Warga Jabar Divaksin' Alumni SMAN Negeri 5 Bandung Sediakan 1000 Dosis Vaksin

Menurut Jubir Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro,
vaksin Astrazeneca dibuat dengan menggabungkan kode genetik virus penyebab Covid-19 berupa protein spike dan virus flu yang tidak berbahaya sebagai media pembawa kode genetik, karena itu vaksin ini disebut vaksin viral vektor rekombinan
selama proses produksi tidak bersentuhan dengan produk turunan manusia ataupun hewani.

"Vaksin Covid-19 yang beredar di Indonesia telah mendapat izin Badan POM, untuk memastikan bahwa vaksin tersebut memenuhi standar kualitas dan keamanan. Ketika vaksin disuntikkan ke dalam tubuh manusia, vaksin akan memperkuat sistem imun dengan membentuk suatu memori untuk melawan virus yang menyebabkan Covid-19," katanya.

Ia menambahkan, jika orang yang telah divaksin terpapar virus Covid-19, maka sistem imun akan mengenali virus dan merespon lebih cepat dan menetralkan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan vaksin, tubuh akan memiliki perlindungan lebih agar tidak jatuh sakit ataupun menderita sakit yang parah akibat virus Covid-19.

"Untuk mengetahui informasi seputar vaksinasi Covid-19, dan melaporkan efek pasca vaksinasi, bisa menghubungi kontak hotline vaksinasi Kemenkes di nomor 119 Ext 9. Ayo sukseskan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan," pungkasnya.

Baca Juga: Ingin Mengurangi Efek Samping Vaksin Covid? Coba Konsumsi Secara Rutin Makanan Ini!

Dengan adanya program pemerintah tersebut, semoga disambut baik oleh masyarakat, karena ketika kita melindungi diri dengan divaksin, secara tidak langsung kita pun telah melindungi negeri dan ikut berpartisipasi memutus mata rantai Covid-19.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: YouTube

Tags

Terkini

Inilah Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:51 WIB

Pemerintah Berlakuan NIK Sebagai NPWP Pada Tahun 2023

Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:09 WIB

PT KAI Percepat Rute Perjalanan Kereta Jarak Jauh

Rabu, 20 Oktober 2021 | 14:51 WIB
X