• Kamis, 2 Desember 2021

KIP Kuliah Merdeka Diprioritaskan Bagi Penerima PIP dan PKH

- Senin, 25 Oktober 2021 | 17:11 WIB
KIP Kuliah Merdeka (gadget2reviews.com)
KIP Kuliah Merdeka (gadget2reviews.com)

Giwangkara – Dalam membantu meringankan beban biaya pendidikan bagi masyarakat kurang mampu yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah Merdeka.

Program KIP Kuliah Merdeka yaitu untuk memberikan bantuan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu, dengan membebaskan pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, biaya kuliah dan bantuan biaya hidup bulanan. Dengan tujuan agar warga masyarakat dapat mengemban pendidikan yang setara dan berkualitas di Perguruan Tinggi.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Abdul Kahar mengatakan menyebutkan, program KIP Kuliah Merdeka 2021 terbuka untuk perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) dengan proporsi yang sama,” ungkap Abdu Kahar seperti yang dilansir detik.com.

Baca Juga: Berkurang 14 Orang, RS Wisma Atlet Rawat 191 Pasien Covid-19

Dikatakan Abdul Kahar, warga masyarakat yang memiliki KIP Kuliah Merdeka dapat melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Menurut Abdul Kahar, berdasarkan grafik bahwa PTS lebih besar dalam penerimaan mahasiswa yang menggunakan KIP Kuliah dibandingkan PTN.

Baca Juga: Catat! Mulai Besok Naik Kereta Api Wajib Gunakan NIK dan Paspor
Perbedaan Program KIP Kuliah Tahun 2020 dengan KIP Kuliah Merdeka Tahun 2021 yaitu KIP Kuliah tahun 2020 menggunakan pola yang sama dengan Bidikmisi. Sedangkan KIP Kuliah Merdeka Tahun 2021 telah dilakukan penyesuaian berdasarkan kebutuhan mahasiswa.

"Kita sudah melakukan penyesuaian-penyesuaian harga, termasuk tuition feenya kita upgrade. Demikian juga biaya hidupnya. Sehingga orang tua pun yang ditinggal tidak ragu lagi melepas anaknya karena sudah dijamin oleh pemerintah," ujar Abdul.

Baca Juga: Inilah Jenis Teh yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

KIP Kuliah Merdeka 2021 diprioritaskan bagi penerima Program Indonesia Pintar (PIP) sewaktu SMA, MA, dan SMK. Selain itu, program ini juga diberikan kepada keluarga penerima PKH atau Program Keluarga Harapan.

Halaman:

Editor: Martika Edwandi

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Negara Positif Covid-19 Varian Omicron

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:56 WIB

Hari ini, 1 Desember 2021 Hari AIDS Sedunia

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:55 WIB

Balasan Erick Thohir Pada Ahok Terkait BUMN

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:44 WIB

Kang Emil Raih 2 Penghargaan People of The Year 2021

Kamis, 25 November 2021 | 21:13 WIB

Siap-siap PNS yang Menerima Bansos akan Mendapat Sanksi?

Minggu, 21 November 2021 | 22:33 WIB

Inilah Syarat Terbaru Umrah Pada Saat Pandemi

Minggu, 21 November 2021 | 21:59 WIB
X