• Kamis, 20 Januari 2022

Mahfud MD Bantah Tuduhan Densus 88 Sembarangan Menangkap Anggota MUI

- Minggu, 21 November 2021 | 05:15 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. (Bidik Layar/Ria)
Menko Polhukam Mahfud MD. (Bidik Layar/Ria)

giwangkara.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD membantah berbagai tuduhan mengenai Densus yang telah sembarangan menangkap orang hingga melanggar marwah.

Menurutnya, Detasemen Khusus Antiteror 88 Mabes Polri sudah lama mengawasi Ahmad Zain An-Najah, anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang ditangkap di Jawa Barat pada 16 November 2021 lalu atas tuduhan terorisme.

"Densus-88">Densus 88 itu sudah melakukan surveillance sudah lama. Itu semua dibuntuti pelan-pelan," kata Mahfud dalam keterangannya, Sabtu, 20 November 2021.
Mahfud Juga membantah penangkapan ini menunjukan bahwa pemerintah tengah bersitegang dengan MUI.

"Tidaklah. Kami dengan Majelis Ulama itu dekat saling berkomunikasi dan sepakat untuk melawan terorisme," ujar Mahfud.

Sebelum penangkapan, Densus harus memiliki bukti kuat sesuai dengan Undang-undang nomor 5 tahun 2018 tentang pemberantasan Tindak pidana Terorisme, sehingga Densus tak bisa menangkap sembarangan orang.

Oleh karena itu, Mahfud meminta masyarakat agar mempercayai proses hukum yang saat ini berjalan.

Mahfud menyebutkan bahwa penangkapan ini merupakan langkah preventif agar tak terjadi aksi terorisme lagi di Indonesia. Jika memang ternyata penangkapan itu tidak terbukti, Mahfud mempersilakan masyarakat untuk menyelesaikannya lewat hukum.

"Jangan sampai dibilang pemerintah kecolongan. Ini kan pemerintah serba dituding. Dulu ada bom meledak katanya pemerintahnya bego, sampai bom meledak di Makassar, Surabaya. Kalau bertindak lebih cepat pemerintah ini sewenang-wenang. Mari proporsional aja," Ujar Mahfud.

Editor: Amat Heryadin

Sumber: Tempo.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Getaci Nantinya Akan Memiliki 10 Simpang Susun

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:52 WIB

Inilah Pemenang Lelang Proyek Tol Getaci

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:39 WIB
X