• Kamis, 20 Januari 2022

Peran PNS akan Digantikan dengan Robot? Simak Penjelasan Lengkapnya

- Minggu, 28 November 2021 | 22:22 WIB
Peran PNS Akan Digantikan dengan Robot?
Peran PNS Akan Digantikan dengan Robot?

giwangkara.com -- Untuk mempercepat pelayanan birokrasi, Pemerintah merencanakan bahwa Pegawai negeri Sipil (PNS) akan digantikan perannya dengan robot.

Hal ini selaras dengan mimpi Presiden Jokowi yang menginginkan perbaikan pelayanan birokrasi menjadi lebih cepat dan gampang.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum Dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan ke depannya pemerintah akan lebih banyak menggunakan teknologi digital dalam memberikan pelayanan kepada publik.

Baca Juga: Jokowi: Kita Nol Emisi Karbon di 2060, Bagaimana Agar Terlaksana?

Atas dasar itu jumlah PNS akan dikurangi secara bertahap dan digantikan dengan robot.

"Jadi (PNS digantikan robot), ke depannya pemerintah akan menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan kepada publik. Jumlah PNS tidak akan gemuk dan akan dikurangi secara bertahap," kata Satya kepada detikcom, Minggu (28/11/2021).

Meski begitu, bukan berarti seluruh PNS akan dipecat dan digantikan robot. Melainkan kolaborasi antara sumber daya manusia dengan teknologi yang saat ini sudah mulai banyak dilakukan seperti saat pembuatan SIM dan Paspor.

"Banyak sekali saat ini pelayanan publik yang tidak membutuhkan tatap muka, tapi menggunakan aplikasi. Publik yang meminta layanan dapat mengunggah dokumen digital sebagai syarat administratif, dan jika memenuhi syarat maka dokumen yang diminta dapat diunduh setelah diterbitkan oleh kementerian/lembaga (K/L) terkait," jelasnya.

"Kalau digitalisasi pelayanan sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu, namun karena pandemi ini terjadi percepatan digitalisasi pelayanan oleh K/L," jelasnya.

Halaman:

Editor: Sandy D. Rochmana

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Getaci Nantinya Akan Memiliki 10 Simpang Susun

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:52 WIB

Inilah Pemenang Lelang Proyek Tol Getaci

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:39 WIB
X