• Kamis, 20 Januari 2022

Hari ini, 1 Desember 2021 Hari AIDS Sedunia

- Rabu, 1 Desember 2021 | 14:55 WIB
Ilustrasi Hari Aids Dunia. foto/Istockphoto
Ilustrasi Hari Aids Dunia. foto/Istockphoto

Giwangkara.com - HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4.

Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (acquired immunodeficiency syndrome).

AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Baca Juga: Waspada! 2 Jenis Penyakit Mata AMD yang Salah Satunya Bisa Menyebabkan Kebutaan Permanen

Dilansir pada laman kompas.com, penetapan hari AIDS sedunia diinisiasi oleh seorang jurnalis James Bunn, yang belakangan beralih profesi dan bergabung dengan WHO.

James Bunn dan rekannya, Thomas Netter, memutuskan bahwa 1 Desember adalah tanggal yang ideal untuk merancang dan mengimplementasikan siaran seputar AIDS.

Mereka memahami adanya kesenjangan media terhadap penyakit AIDS, di antara agenda pemilihan presiden AS tahun 1988 dan Natal.

Hari AIDS Sedunia yang pertama berfokus pada tema anak-anak dan remaja untuk meningkatkan kesadaran akan dampak AIDS pada keluarga, bukan hanya kelompok yang biasa distigmatisasi oleh media, seperti pria gay, biseksual, dan pengguna narkoba suntik.

Halaman:

Editor: Amat Heryadin

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Sumber Dana Pembangunan IKN Nusantara

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:49 WIB

Getaci Nantinya Akan Memiliki 10 Simpang Susun

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:52 WIB
X