• Minggu, 22 Mei 2022

Getaci Nantinya Akan Memiliki 10 Simpang Susun

- Minggu, 9 Januari 2022 | 20:52 WIB
Ilustrasi. (Pinterest)
Ilustrasi. (Pinterest)

Giwangkara.com - Dengan rencana pemerintah membangun kembali beberapa proyek jalan tol akhir-akhir ini bertujuan untuk mempermudah transportasi dan mengurai kemacetan di daerah tertentu.

Disamping itu juga dengan dibangunnya jalan tol menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata yang mungkin saat ini belum terlalu di kenal oleh masyarakat luas ataupun terkendala oleh akses jalannya.

Seperti yang dalam waktu dekat ini pembangunan jalan tol Getaci, yang akan menghubungkan wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah, yang memiliki total panjang 206,65 Km dan nilai investasi sebesar Rp56 triliun.

Baca Juga: Hujan Deras Mengakibatkan Longsor dan Rusaknya Jembatan Desa di Gorontalo

Jalan tol Getaci nantinya memilki 10 simpang susun (SS) yakni SS Majalaya, SS Nagreg, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan SS Cilacap.

Anggota BPJT Unsur Profesi, Koentjahjo Pamboedi menjelaskan ruas tol Getaci pada tahap konstruksi dan operasi dibagi menjadi dua bagian.

Tahap 1 Gedebage-Tasikmalaya, dan konstruksinya dilakukan pada 2022 sampai selesai 2024.

Kemudian tahap 2 selanjutnya dari ruas Tol Tasikmalaya-Cilacap pada 2027, diperkirakan selesai tahun 2029 dan nantinya terdapat jeda pengoperasian sekitar tiga tahun.

“Dengan adanya jeda schedule konstruksi tersebut, sehingga financial close untuk investasi ruas tol ini dapat dilakukan dua kali. Yakni kebutuhan ruas Gedebage-Tasikmalaya terlebih dahulu, kemudian Tasikmalaya-Cilacap,” sambung Koentjahjo.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: bpjt.pu.go.id, YouTube Iding Sobarna

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PWI & IKWI Berbagi Dalam Harmoni Ramadhan 1443 H

Jumat, 22 April 2022 | 19:06 WIB

Pembangunan Kawasan Industri Pasti Ada Dampaknya

Kamis, 24 Februari 2022 | 14:17 WIB
X