• Minggu, 22 Mei 2022

Ini Prediksi dan Skenario Hadapi Puncak Omicron yang disiapkan Luhut

- Rabu, 12 Januari 2022 | 16:56 WIB
Ilustrasi. (Istockphoto)
Ilustrasi. (Istockphoto)

Giwangkara.com - Varian baru Covid-19, Omicron saat ini telah memasuki Indonesia, dan tak menutup kemungkinan membuat kecemasan berbagai pihak dalam memerangi virus ini.

Kasus virus Omicron saat ini telah mencapai 802 kasus, tetapi sebagian masih disumbangkan oleh PPLN. Dari 537 kasus di Jakarta, 435 kasus berasal dari PPLN (pelaku perjalanan luar negeri).

Dilansir dari detik.com Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi menyampaikan kasus Corona varian Omicron telah teridentifikasi di 150 negara.

Baca Juga: Ini Komentar MUI Jabar tentang Kasus Herry Wirawan yang Dihukum Mati

Tidak menutup kemungkinan varian Omicron akan menimbulkan gelombang baru termasuk di Indonesia.

"Saat ini, Omicron telah teridentifikasi di 150 negara dan menimbulkan gelombang baru dengan puncak yang lebih tinggi di berbagai negara dunia. Indonesia bukan tidak mungkin dapat mengalami hal yang sama. Namun kita tidak perlu panik, tetapi kita tetap waspada," kata Luhut melalui keterangan tertulis yang dikutip dari detik.com, Rabu, 12 Januari 2022.

Luhut memaparkan per kemarin ada tambahan 802 kasus Covid-19, dimana jumlah setengahnya disumbangkan oleh PPLN. Dia mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian ke luar negeri selama dua hingga tiga pekan ke depan.

"Jumlah kasus mencapai 802 kasus (kemarin), tetapi sebagian masih disumbangkan oleh PPLN. Dari 537 kasus di Jakarta, 435 kasus berasal dari PPLN. Oleh karenanya, kami sekali mengimbau masyarakat untuk tidak bepergiran dulu keluar negeri dalam 2-3 minggu depan," ujarnya.

Berdasarkan hasil pengamatan, Luhut menyampaikan varian Omicron akan mencapai puncaknya dalam waktu kisaran 40 hari. Dia memperkirakan puncak kasus varian Omicron di Indonesia terjadi pada awal Februari mendatang dengan gejala ringan.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PWI & IKWI Berbagi Dalam Harmoni Ramadhan 1443 H

Jumat, 22 April 2022 | 19:06 WIB

Pembangunan Kawasan Industri Pasti Ada Dampaknya

Kamis, 24 Februari 2022 | 14:17 WIB
X