• Minggu, 22 Mei 2022

Nama Ibu Kota Baru Telah Diumumkan, Kepala Bappenas : Ibu Kota Baru Diberi Nama “Nusantara”

- Senin, 17 Januari 2022 | 15:21 WIB
Ilustrasi Ibu Kota Baru (Kompas.com/Fitria Chusna)
Ilustrasi Ibu Kota Baru (Kompas.com/Fitria Chusna)

Jakarta, Giwangkara.com -- Suharso Monoarfa selaku selaku kepala Bappenas mengungkapkan bahwa Ibu Kota Baru yang bertempat di Kalimantan akan diberi nama “Nusantara”.

Hal tersebut disebutkan langsung dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, yang dilaksanakan hari ini.

"Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah lagsung dari Bapak Presiden yaitu pada hari Jumat. Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara," kata Suharso, dikutip dari kompas.com

Baca Juga: Waspada! Anak-anak Lebih Rentan Terkena Omicron, Berikut Gejalanya

Suharso menyebutkan bahwa nama “Nusantara” dipilih karena nama tersebut sudah dikenal lama sebagai gambaran negara Indonesia dan dikenal juga di kalangan internasional.

"Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu, dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia," kata Suharso.

Diketahui juga bahwa sebelumnya dalam draf RUU IKN belum dicantumkan nama dari ibu kota tersebut, sehingga ditulis "IKN [...]". Jika mengikuti target, maka ibu kota baru ini diperkirakan selesai pada bulan ini.

Baca Juga: Thailand Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat Omicron!

Selain merampungkan pembangunan, pemerintah pun mulai memetakan kementrian dan lembaga yang akan berkantor di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu. 

Halaman:

Editor: kwon oca

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PWI & IKWI Berbagi Dalam Harmoni Ramadhan 1443 H

Jumat, 22 April 2022 | 19:06 WIB

Pembangunan Kawasan Industri Pasti Ada Dampaknya

Kamis, 24 Februari 2022 | 14:17 WIB
X