• Minggu, 22 Mei 2022

UU Ibu Kota Baru Disahkan, Inilah 5 Visi Jokowi Pindahkan Ibu Kota Negara

- Selasa, 18 Januari 2022 | 21:06 WIB
Ibu Kota Negara Baru. (detik.com)
Ibu Kota Negara Baru. (detik.com)

Giwangkara.com - Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur telah menjadi bahan perbincangan oleh beberapa kalangan masyarakat hingga politikus.

Pasalnya menurut Bappenas pemindahan Status Ibu Kota Negara ditetapkan pada Semester I/2024. RUU IKN, yang tengah dibahas di DPR, menetapkan pemindahan status Ibu Kota Negara Indonesia ke Kalimantan Timur adalah pada semester I/2024.

Dilansir dari liputan6.com DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) menjadi UU IKN dalam Sidang Paripurna pada Selasa, 18 Januari 2022.

Baca Juga: Foto Para Koruptor dari Nazaruddin hingga Setnov Dijual di Marketplace NFT

Pada kesempatan tersebut, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa turut menyampaikan sejumlah visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur ini.

"Pemindahan ibu kota ke Kalimantan didasarkan pada beberapa pertimbangan, keunggulan wilayah, serta kesejahteraan. Dengan visi lahirnya pusat gravitasi ekonomi baru di tengah Nusantara," ujar Suharso, Selasa, 18 Januari 2022.

Suharso menyebut, setidaknya ada 5 alasan mengapa Jokowi ingin membentuk ibu kota baru yang usulnya diberi nama Nusantara ini. Pertama, dari sisi lokasi letaknya sangat strategis.

"Itu karena berada di tengah-tengah wilayah Indonesia yang dilewati alur laut Kepualauan Indonesia di Selat Makassar, yang juga berperan jadi jalur laut utama nasional dan internasional," ungkapnya.

Kedua, lokasi yang berada di Kalimantan Timur ini dianggap memiliki infrastruktur relatif lengkap seperti bandara, pelabuhan dan jalan yang lebih baik. Kemudian ketersediaan infrastruktur lain seperti jaringan ketersediaan energi dan air minum yang memadai.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: Liputan6.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PWI & IKWI Berbagi Dalam Harmoni Ramadhan 1443 H

Jumat, 22 April 2022 | 19:06 WIB

Pembangunan Kawasan Industri Pasti Ada Dampaknya

Kamis, 24 Februari 2022 | 14:17 WIB
X