• Minggu, 22 Mei 2022

Tak Sepakat dengan 'Nusantara', Fadli Zon Sarankan 'Jokowi' Jadi Nama Ibu Kota Baru

- Selasa, 18 Januari 2022 | 21:32 WIB
Fadli Zon. (Twitter/fadlizon)
Fadli Zon. (Twitter/fadlizon)

Giwangkara.com - Wakil Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Fadli Zon buka suara soal rencana nama baru Ibu Kota Indonesia, Nusantara. Ia menilai bahwa istilah Nusantara tak cocok jika digunakan sebagai nama ibu kota baru Indonesia.

Seperti diketahui, nama Nusantara telah dipilih oleh Presiden Jokowi untuk ibu kota baru yang berlokasi di Kalimantan Timur. Namun, Fadli mengatakan jika istilah itu tak cocok dan lebih menyarankan agar ibu kota baru itu diberi nama 'Jokowi'.

"Usul saya nama ibu kota langsung saja "Jokowi". Sama dengan ibu kota Kazakhstan "Nursultan" (dari nama Presiden Nursultan Nazarbayev)", kata Fadli lewat cuitannya di akun Twitter @fadlizon dikutip pada Selasa, 18 Januari 2022.

Baca Juga: Dikabarkan 4 Anak Termasuk Daftar Korban Tewas Gempa Afghanistan

Menurut Fadli, istilah Nusantara tak cocok untuk nama ibu kota karena memiliki pengertian yang lebih luas dari itu.

Nusantara memiliki arti tersendiri yang menggambarkan Indonesia secara umum. Terlebih, ia juga mengatakan jika istilah nusantara sudah dikenal sebagai salah satu pengetahuan tentang negara Indonesia secara keseluruhan. Maka dari itu, ia tak sepakat jika ibu kota diberi nama 'Nusantara'.

"Nusantara kurang cocok jadi nama ibukota baru. Nusantara punya pengertian sendiri sebagai wilayah Indonesia, belum lagi ada Wawasan Nusantara," ujar Fadli Zon.

Dikutip dari CNN Indonesia, sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarga telah mengungkapkan bahwa nama ibu kota negara (IKN) telah dipilih langsung oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 14 Januari 2022 lalu.

"Saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dari Bapak Presiden pada Jumat dan beliau mengatakan IKN ini namanya Nusantara," kata Suharso dalam rapat dengan Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin 17 Januari 2022.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: cnnindonesia.com, Twitter.com/fadlizon

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PWI & IKWI Berbagi Dalam Harmoni Ramadhan 1443 H

Jumat, 22 April 2022 | 19:06 WIB

Pembangunan Kawasan Industri Pasti Ada Dampaknya

Kamis, 24 Februari 2022 | 14:17 WIB
X