• Kamis, 29 September 2022

Ribut BBM Naik di Indonesia, Ternyata Harga Bensin Sekelas Pertamax di Malaysia Cuma Segini

- Rabu, 6 April 2022 | 23:36 WIB
Ilustrasi (gridoto.com)
Ilustrasi (gridoto.com)

Giwangkara.com - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi Pertamina, Pertamax menjadi perbincangan di masyarakat.

Tetapi, masyarakat memalingkan perhatiannya kepada harga BBM di negeri tetangga yaitu, Malaysia. Sebab, harga BBM di Malaysia terbilang sangat murah ketimbang harga BBM di Indonesia yang mengalami lonjakan.

Diketahui jika BBM Ron 95 (mendekati Ron Pertamax) dijual di Malaysia dengan harga sekitar RM2 per liter. Jika dikonversikan ke Rupiah sekitar Rp7.000 per liter.
Sedangkan, untuk BBM jenis solar dijual dengan harga per liternya sekitar RM2.15 atau Rp7.300.

Baca Juga: PWI Kota Bandung Berhasil Sabet Juara Pertama Kategori PWI Kota Kabupaten Terbaik se-Jawa Barat

Lalu, mengapa BBM di Negeri Jiran dapat dibanderol dengan harga yang terbilang sangat murah, padahal di Indonesia sendiri Pemerintah berusaha untuk menaikkan harga BBM untuk menyusaikan harga minyak global?

Berikut informasi bagaimana harga BBM di Malaysia bisa murah.

Subsidi Pemerintah

Penetapan harga BBM yang murah tersebut tidak lepas dari campur tangan Pemerintah Malaysia untuk memberikan bantuan subsidi ke produk bahan bakar yang dijual di negaranya.

Bantuan subsidi Pemerintah dimulai dari BBM yang memiliki Ron atau Oktan 95.
Sebagai informasi, BBM dengan nilai Oktan semakin tinggi berpengaruh kepada kinerja mesin yang lebih baik dan semakin optimal.

Uniknya, tidak seperti di Indonesia yang menunggu kebijakan dari Pemerintah Pusat untuk menaikkan harga BBM sehingga menjadi pembicaraan di kalangan publik,
harga bensin di Malaysia berganti-ganti setiap minggunya, lebih tepatnya berganti pada hari Kamis.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: nkripos.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X