• Rabu, 10 Agustus 2022

Resmi! Sekarang Papua Miliki 5 Provinsi Melalui RUU Pembentukan Provinsi Baru yang disahkan DPR RI

- Senin, 4 Juli 2022 | 05:00 WIB
Pixabay/Sally Wilson
Pixabay/Sally Wilson



Giwangkara.com - Indonesia resmi memiliki 37 provinsi setelah DPR RI Mengesahkan 3 RUU Daerah Otonomi Baru Papua menjadi undang-undang melalui rapat paripurna ke-26 masa persidangan V tahun sidang 2021-2022 pada Kamis (30/6/2022) lalu.

Adapun hasil provinsi baru tersebut diantaranya, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Baca Juga: Ancaman Baru di Tanah Papua

"Adapun tujuan pemekaran Papua adalah untuk percepatan pemerataan pembangunan, mempercepat peningkatan pelayanan publik, mempercepat kesejahteraan masyarakat dan mengangkat harkat derajat orang asli Papua. Dengan memperhatikan aspek politik, administratif, hukum, kesatuan sosial budaya, kesiapan Sumber Daya Manusia, infrastruktur dasar, kemampuan ekonomi, perkembangan pada masa yang akan datang dan aspirasi masyarakat papua,” ujar Doli dalam laporan yang dibacakannya di rapat paripurna ke-26 masa persidangan V tahun sidang 2021-2022, di Senayan Jakarta, pada Hari Kamis, 30 Juni 2022.

Baca Juga: Salah Satu Prajurit TNI yang Gugur di Papua Adalah Warga Dayeuh Kolot: Keluarga Menunggu Kedatangan Jenaza

Wakil ketua DPR RI Koordinator bidang ekonomi dan keuangan, Sufmi Dasco Ahmad, mengesahkan RUU tersebut menjadi undang-undang pada rapat paripurna DPR RI yang dihadiri secara luring dan daring di ruang rapat paripurna.

"Selanjutnya kami akan menanyakan kepada setiap fraksi, apakah RUU Pembentukan Provinsi Papua Selatan, RUU Pembentukan Provinsi Papua Tengah, dan RUU Pembentukan Provinsi Pegunungan dapat disetujui untuk disahkan menjadi Undang-Undang?" tanya Dasco, yang disusul teriakan kata "Setuju" dari seluruh anggota DPR RI yang hadir dalam rapat paripurna DPR RI saat itu.

Baca Juga: Pos TNI Diserang KKB Papua saat Pagi Subuh, 2 Prajurit Gugur

Pengesahan 3 RUU mengenai Daerah Otonom Baru (DOB) bertujuan untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan pelayanan publik yang menjadikan Papua saat ini memiliki 5 provinsi yaitu Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Selatan, dan Provinsi Papua Pegunungan. (Dimas Permana Hamthadi)

Artikel ini sebelumnya pernah tayang di Portalpapua.pikiran-rakyat.com berjudul "Tiga RUU di Setujui Komisi II DPR RI, Kini Papua Punya 3 Provinsi"

Halaman:

Editor: Amat Heryadin

Sumber: Portalpapua.pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memeriahkan 17 Agustus Dengan Perlombaan Unik

Selasa, 9 Agustus 2022 | 07:09 WIB

Siapa Pencetus Lomba Panjat Pinang?

Selasa, 9 Agustus 2022 | 06:50 WIB

Anies AHY Akan Maju Di Pilpres 2024?

Senin, 8 Agustus 2022 | 08:18 WIB

Israel dan Palestina Menyetujui Gencatan Senjata

Senin, 8 Agustus 2022 | 02:27 WIB

Roy Suryo Resmi Ditahan

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:42 WIB

Satgas Covid-19: Kasus Covid Meningkat Tajam

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:06 WIB
X