• Jumat, 30 September 2022

Mengapa Harus Pasang Bendera Menjelang Hari Merdeka?

- Senin, 8 Agustus 2022 | 21:14 WIB
Bendera negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh warga negara (Instagram @bendera.merah.putih)
Bendera negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh warga negara (Instagram @bendera.merah.putih)

Giwangkara.com -  Memasang bendera merah putih sebagai lambang kemerdekaan RI merupakan hal yang positif.

Indonesia dinyatakan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Jadi, setiap menjelang tanggal 17 Agustus masyarakat sudah memulai memasang tenda.

Baca Juga: Menolak Lupa, 6 Agustus 1945 Serangan Bom Atom Pertama dan Terbesar Dalam Sejarah

Berdasarkan Pasal 7 Ayat (3) Undang-undang Nomor 214 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan disebutkan, bendera negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus.

Bendera Merah Putih merupakan simbol dari Negara Indonesia, Bendera Merah Putih ini memiliki sejarah yang besar bagi bangsa, dengan mengibarkan bendera merah putih tentu kita menghargai jasa para pahlawan.

Baca Juga: Tak hanya Indonesia, Negara Lain pun Rayakan HUT di Bulan Agustus, Mana Saja?

"Bendera negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh warga negara yang menguasai hak penggunaan rumah, gedung atau kantor, satuan pendidikan, transportasi umum, dan transportasi pribadi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri," begitu bunyi pasal tersebut. 

Baca Juga: Agustus dan Hari Besar Nasional

Editor: Dede Zulfia Nurhayati

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Twibbon Gratis Peringati Peristiwa G30S PKI

Jumat, 30 September 2022 | 08:45 WIB
X