• Jumat, 30 September 2022

Banjir di Korsel Terjadi Akibat Kiriman Air dari Korut

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:54 WIB
2 warga melihat mobil yang terendam banjir di jalan selama hujan lebat di distrik Gangnam, Seoul, Korea Selatan pada 8 Agustus 2022. (Photo by YONHAP / AFP)
2 warga melihat mobil yang terendam banjir di jalan selama hujan lebat di distrik Gangnam, Seoul, Korea Selatan pada 8 Agustus 2022. (Photo by YONHAP / AFP)

Giwangkara.com - Banjir yang terjadi di Korea Utara berinsensitas tinggi (7/8) membuat pemerintah Korut (Korea Utara) harus membuka bendungan Hwanggang dan mengarahkan air hujan tersebut ke Korsel (Korea Selatan).

Tanpa pemberitahuan maupun pengumuman terlebih dahulu, pemerintah secara langsung membuka bendungan tersebut.

Padahal menurut perjanjian kerja sama antara Korut dan Korsel pada Oktober 2009, Korut diwajibkan menyampaikan pengumuman ke Korsel sebelum membukakan dan melepas air di bendungan perbatasan ke tetangganya itu.

"Ketika hujan lebat terjadi di Korea Utara, pihak utara berulang kali membuka dan menutup pintu bendungan Hwanggang," tutur penjabat kementerian Unifikasi Korsel, dikutip dari Yoonhap.

Baca Juga: Aksi Bae Suzy Dalam Drama Korea 'Anna' Makin Brutal

"Tampaknya (Korut) mencoba menyesuaikan level air di bendungan Hwanggang," imbuhnya.

Meskipun belum menimbulkan kerusakan yang pasti di Korsel, namun pemerintah tetap memantau situasi secara ketat dikarenakan curah hujan tinggi diperkirakan akan terus terjadi hingga Selasa (19/8), terutama di Korut.

Baca Juga: Sinopsis Drama Korea Anna yang Diperankan oleh Bae Suzy

Walaupun Korsel telah meminta berulang kali kepada Korut untuk memberikan pengumuman sebelum membuka bendungan Hwanggang namun nyatanya pihak Korut tidak meresponnya sama sekali.

Halaman:

Editor: Amat Heryadin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Twibbon Gratis Peringati Peristiwa G30S PKI

Jumat, 30 September 2022 | 08:45 WIB
X