• Jumat, 30 September 2022

15 Orang Dinyatakan Suspect Cacar Monyet : Hasil Akhir Negatif

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:07 WIB
Meski di Indonesia kasus cacar monyet ini belum di temukan kegiatan surveilans tetap dilakukan agar kasus ini tidak meningkat seperti pada kasus sebelumnya covid - 19 yang menelan banyak korban di Indonesia. (Hermina)
Meski di Indonesia kasus cacar monyet ini belum di temukan kegiatan surveilans tetap dilakukan agar kasus ini tidak meningkat seperti pada kasus sebelumnya covid - 19 yang menelan banyak korban di Indonesia. (Hermina)

Giwangkara.com, - Dalam kasus Cacar Monyet kini terdapat laporan terbaru mengenai kasus ini.

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan, sebelumnya terdapat sebanyak 15 orang warga yang dinyatakan suspect mengalami cacar monyet, namun hasil secara keseluruhan dinyatakan negatif.

Meski di Indonesia kasus cacar monyet ini belum di temukan kegiatan surveilans tetap dilakukan agar kasus ini tidak meningkat seperti pada kasus sebelumnya covid - 19 yang menelan banyak korban di Indonesia.

Pada kasus cacar monyet ini tentu berbeda dengan covid 19, cacar monyet lebih mudah terdeteksi. Pasalnya cacar monyet ini menunjukkan gejala seperti bentol-bentol.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi mengungkapkan bahwa " kasus cacar monyet (monkey pox) belum ditemukan di Indonesia. (Yang suspect) sudah selesai diperiksa (hasilnya) negatif. Jadi bukan suspect lagi mereka. Tapi saya belum tahu update untuk diagnosanya penyakit apa,"

Baca Juga : Sosok Istri Ferdy Sambo Yang Muncul Di Publik Bukanlah Sosok Yang Sebenarnya

Upaya Kementrian Kesehatan dalam penanganan kasus ini yakni menambah 10 Laboraturium penelitian epidemiologi cacar monyet, pemeriksaan sampel lesi dan ruam-ruam pada kulit termasuk mendeteksi virus penyebab penyakit yang tergolong zoonosis tersebut.

Prof. Dr. Sri Oemijati BKPK Kemenkes dan di Pusat Studi Satwa Primata IPB, Bogor. Membeberkan Sebelumnya, hanya terdapat 2 laboratorium yang meneliti, yakni Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi "Laboratorium itu di Medan ada, Palembang, Kalimantan, Banjarmasin, Yogyakarta, Surabaya Ambon, Manado, dan di Makassar ada juga,"

seorang warga asal Jawa Tengah yang dikabarkan suspek cacar monyet dinyatakan negatif. Hasil negatif tersebut didapat setelah pemeriksaan sampel lesi atau ruam-ruam pada kulit dilaksanakan.

Sebelum melakukan pemeriksaan sampel lesi, pasien suspek telah menjalani swab mulut dan tenggorokan atau orofaring. Hasil dari tes ini juga menunjukkan pasien negatif cacar monyet.

Halaman:

Editor: Dede Zulfia Nurhayati

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Twibbon Gratis Peringati Peristiwa G30S PKI

Jumat, 30 September 2022 | 08:45 WIB
X