Kasus Ferdy Sambo Cs: Kejagung Targetkan Berkas Perkara Pembunuhan Brigadir J Rampung Diperiksa Pekan Ini

- Selasa, 27 September 2022 | 22:51 WIB
Kejagung targetkan berkas perkara kasus pembunuhan Brigadir J oleh Ferdy Sambo Cs ditargetkan akan selesai pada pekan ini./Foto Ilustrasi/LEANDRO AGUILAR/Pixabay
Kejagung targetkan berkas perkara kasus pembunuhan Brigadir J oleh Ferdy Sambo Cs ditargetkan akan selesai pada pekan ini./Foto Ilustrasi/LEANDRO AGUILAR/Pixabay

Giwangkara.com - Seperti diketahui kasus Ferdy Sambo Cs atas perkara pembunuhan Brigadir J masih terus berlanjut hingga saat ini.

Berkas perkara para tersangka yang terlibat dalam kasus dugaan pembunuhan Brigadir J saat ini masih berada di Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk dilakukan pemeriksaan kelengkapannya.

Dalam hal ini, Ketut Sumedana selaku Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung menyampaikan, pemeriksaan berkas perkara dalam kasus Brigadir J ditargetkan selesai pekan ini.

Baca Juga: Perhatian! IPW Endus Dugaan Kemungkinan Ferdy Sambo Bisa Bebas, Begini Penjelasannya

“Tunggu sampai akhir minggu ini ya. Batas waktunya Kamis,” ujar Ketut Sumedana saat dikonfirmasi, Senin (26/9/2022), dikutip Giwangkara.com dari PMJNews.com.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa pihak Jampidum Kejaksaan Agung kembali menerima pelimpahan berkas perkara lima tersangka pembunuhan berencana atas Brigadir J.

Diketahui dalam kasus tersebut, terdapat lima orang sudah ditetapkan sebagai tersangka, hingga saat ini.

Baca Juga: Gulir Pemecatan Ferdy Sambo: Surat Keputusan PTDH Telah Diserahkan Hari Ini 23 September 2022

Terkait hal ini, Agnes Triani selaku Direktur Tindak Pidana Terhadap Orang dan Harta Benda Jampidum Kejagung, menjelaskan pihaknya menerima kembali pelimpahan berkas pada Rabu (14/9/2022) lalu.

“Betul pada hari Rabu pukul 11.30 WIB, kami telah menerima berkas perkara atas nama tersangka FS (Ferdy Sambo) dan kawan-kawan untuk dilakukan penelitian kembali terkait petunjuk yang telah kami sampaikan sebelumnya,” jelas Agnes pada Jum'at (16/9/2022).

Baca Juga: Begini Penjelasan Polri Terkait Gugatan yang Akan Dilakukan Pihak Ferdy Sambo.

Dan sejauh ini, gulir kasus tersebut telah sampai pada resmi pemecatan (PTDH) Ferdy Sambo pada sidang KKEP, berlanjut dengan pengajuan gugatan ke PTUN.

Dikabarkan juga, beberapa waktu lalu, Sugeng Teguh Santoso selaku Ketua dari Indonesian Police Watch (IPW) sempat mengatakan bahwa bila penanganan berkas terkait Ferdy Sambo berjalan molor akan terdapat kemungkinan Ferdy Sambo akan bebas.

Baca Juga: Jokowi Tidak Akan Menerima Surat Pemecatan Ferdy Sambo. Ada Apa?

“Masa penahanan Sambo itu 120 hari sejak dia ditahan. Kalau lewat 120 hari kalau belum lengkap maka Sambo akan bebas. Lepas demi hukum dari tahanan, (namun) perkaranya terus berjalan,” ujarnya di konferensi pers, pada hari Kamis (22/9/2022), dikutip Giwangkara.com dari Pikiran-Rakyat.com.

Dengan kata lain, Sugeng Teguh Santoso mengatakan bahwa bila hal itu terjadi maka Ferdy Sambo dibolehkan menghirup udara bebas, sebagaimana sang istri, Putri Candrawathi yang hingga saat ini menjadi tahanan rumah.

Baca Juga: Ferdy Sambo Ajukan Banding Sidang Etik, Polri : Siap Hadapi Kemungkinan Gugatan

Terkait hal ini, Ferdy Sambo tak lantas bebas dari segala dakwaan hukum, tetapi jika berkas perkaranya lamban P-21 dalam tenggat waktu, maka dalang dibalik tewasnya Brigadir J itu tak perlu dikurung dalam proses peradilannya.

Namun, dari perhitungan yang dilakukan ketua IPW tersebut dirinya tetap optimis, bahwa berkas perkara Sambo bisa mencapai P-21 atau lengkap dan akan siap dilimpahkan ke pengadilan untuk diproses.*

Editor: Amat Heryadin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Kunjungi Pos Bloc Medan

Minggu, 8 Januari 2023 | 20:55 WIB

KPK Gelar Apel TAPAKSIAPI 2022

Minggu, 11 Desember 2022 | 00:52 WIB

KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GoTo

Sabtu, 3 Desember 2022 | 13:18 WIB
X