• Kamis, 20 Januari 2022

Siasat LADI Lepas Dari Sanksi WADA, Merah Putih Akan Berkibar Kembali

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 22:49 WIB
dr Mustafa Fauzi - Ketua LADI (Tribun)
dr Mustafa Fauzi - Ketua LADI (Tribun)

Giwangkara.com - Tidak berkibarnya bendera Merah Putih ketika Skuad Bulutangkis Indonesia menjuarai Piala Thomas 2020 beberapa waktu lalu, salahsatu pemicu munculnya gelombang hujatan yang ditujukan kepada dr Rheza Maulana sebagai Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI)

Seperti yang kita ketahui, World Anti-Doping Agency (WADA) memberikan sanksi kepada Indonesia, dikarenakan tidak mentaati regulasi pelaporan tes doping secara rutin. Sanksi diberikan, tidak diperbolehkan mengibarkan Bendera Merah Putih pada Kejuaraan Regional, Kontinental dan dunia kecuali di Olimpade. Walaupun demikian atlet Indonesiadiizinkan mengikuti kejuaran-kejuaran tersebut.

Berdasarkan SK Menteri tertanggal 30 Juni 2021 dr Rheza Maulana selaku Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) mendampingi Ketua LADI, dr Mustafa Fauzi hadir untuk mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dilcetuskan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada era kepemimpinan Menpora Zainudin Amali.
Diutarakan Dr. Reza Maulana, keberadaan kami untuk memperbaiki LADI agar lebih profesional dan independen.

Baca Juga: Berikut Jadwal Timnas Indonesia U-23 VS Australia: Laga Kualifikasi Piala Asia 2022

Mengenai jeratan sanksi WADA, kata Dr. Reza kami berjuang melepaskan jeratan sanksi WADA agar Merah Putih kembali berkibar di ajang single maupun multi event internasional. Ini merupakan tugas prioritas yang diberikan Menpora Amali dan dipantau terus oleh Presiden Jokowi," ungkap dr. Rheza di Jakarta, Senin 25 Oktober 2021, dikutip dari viva.co.id

Baca Juga: PBSI Memiliki 18 Pemain untuk Prancis Terbuka 2021, ini Daftarnya

Dr Rheza merasa khawatir, LADI harus berjuang sendiri untuk melepaskan jeratan tersebut.
Kekhawatiran itu hilang, setelah Menpora Amali membentuk Satgas Percepatan Pembebasan Sanksi WADA dan didukung oleh berbagai pihak termasuk media yang membuka benang merah terjadinya sanksi terhadap LADI telah menimbulkan ikatan Merah Putih yang kokoh demi mengembalikannama baik bangsa dan negara di forum olahraga internasional.

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Selamat Untuk Skuad Bulutangkis Indonesia

Ucapan terima kasih LADI ditujukan kepada KOI, KONI Pusat dan berbagai pihak termasuk media yang telah memberikan masukan positif dalam rangka melepas jeratan sanksi WADA. Terima kasih pun kami ucapkan kepada Bapak Presiden Jokowi dan juga Bapak Menpora Zainudin Amali yang terus mendukung dan memfasilitasi langkah kami. Ikatan Merah Putih yang kokoh ini menambah kepercayaan LADI," ucap dr. Rheza.

Baca Juga: 35 Warga Keracunan Menyantap Rice Box, Ketua DPD dan DPC PSI Diperiksa Polisi

Halaman:

Editor: Martika Edwandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X