• Minggu, 22 Mei 2022

Asia Championship 2022: Pramudya-Yeremia Juara, Akhiri Paceklik Gelar Setelah 13 Tahun

- Selasa, 10 Mei 2022 | 23:14 WIB
Asia Championship 2022: Pramudya-Yeremia Juara, Akhiri Paceklik Gelar Setelah 13 Tahun
Asia Championship 2022: Pramudya-Yeremia Juara, Akhiri Paceklik Gelar Setelah 13 Tahun

giwangkara.com -- Pasangan ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana / Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan berhasil menorehkan sejarah setelah menjuarai Kejuaraan Asia Bulu Tangkis atau Badminton Asian Championships 2022.

Ganda putra Indonesia Pramudya/Yeremia berhasil menjadi juara Asia setelah mengalahkan unggulan kelima Malaysia dan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 Aaron Chia/Sho Wooi Yik.

Pramudya/Yeremia meraih dua gim kemenangan beruntun pada Minggu 5 Januari 2022 dengan raihan 23-21 poin dan 21-10 poin di Kompleks Olahraga Muntinlupa Manila, Filipina.

Baca Juga: Pengelolaan Stadion GBLA Terus Berjalan, Pastikan Digunakan sebagai Markas Persib Bandung

Dilansir dari kompas.com Hal ini menjadi gelar Kejuaraan Asia pertama Pramudya / Yeremia. Tak hanya itu, mereka juga menjadi ganda putra Indonesia yang pertama kali menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia dalam 13 tahun.

Dominasi terakhir Indonesia di sektor ganda putra pada turnamen ini terjadi pada 2009 saat Kejuaraan Bulu Tangkis Asia digelar di Suwon, Korea Selatan.

Kala itu, Markis Kido/Hendra Setiawan berdiri di podium tertinggi setelah mengalahkan Ko Sung-hyun/Yoo Yeon-seong dengan skor 21-18 dan 26-24. 

"Kami senang bisa juara di sini. Kami datang dengan status underdog, tetapi bisa sampai juara. Kemarin setelah (masuk) final saja kami sudah bersyukur," ujar Pramudya. 

Pramudya juga mengungkapkan strateginya dan Yeremia sehingga bisa mengalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. 

"Tadi di gim pertama, kami banyak melakukan kesalaha sendiri, tetapi pelan-pelan kami bisa mengejar mereka," tutur Pramudya. 

Halaman:

Editor: Sandy D. Rochmana

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X