• Rabu, 27 Oktober 2021

Kesbangpol Kabupaten Bandung Barat Mulai Awasi FPI versi Baru

- Rabu, 15 September 2021 | 15:36 WIB
Deklarasi FPI versi baru di Bandung Barat. ((Foto: Tangkapan video viral))
Deklarasi FPI versi baru di Bandung Barat. ((Foto: Tangkapan video viral))

Giwangkara - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Barat memantau dan mengawasi pergerakan Front Persaudaraan Islam (FPI) versi baru. Hal itu dilakukan setelah ramai agenda deklarasi FPI versi baru di Masjid Daarul Khoirot, Kampung Sumur Bor, RT 07/04, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, KBB pada Minggu (5/9/2021) lalu.

Agenda deklarasi FPI versi baru itu melibatkan ratusan orang berpakaian serba putih dari berbagai wilayah di provinsi Jawa Barat. Acara deklarasi tersebut tidak mengantongi izin dari pemerintah daerah setempat serta Satgas Covid-19.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung Barat Soeryaman mengatakan pengawasan dilakukan sebagai upaya deteksi dini agar pihaknya bisa mencium gelagat bila di kemudian hari ada potensi agenda serupa.

"Sampai saat ini kita terus pantau, sesuai ketentuan untuk deteksi dini. Jadi kalau ada potensi kejadian serupa, perangkat deteksi dini sudah mengawasi. Intinya kita siaga untuk hal-hal yang seharusnya dilakukan," ungkap Soeryaman kepada wartawan, Senin (13/9/2021).

Pihaknya belum melakukan pemanggilan terhadap orang-orang yang terlibat dalam agenda deklarasi tersebut. Pasalnya, ada mekanisme yang harus ditempuh sebelum sampai pada tahap tersebut.

"Untuk pemanggilan ke anggota ormas keagamaan itu (FPI versi baru) belum. Jadi di dalam prosedur kewaspadaan, itu komunikasi dulu dengan aparat kewilayahan untuk dikumpulkan, jadi ada kelanjutannya sampai pemanggilan," ujar Soeryaman.

Namun pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan Satuan Intelijen dan Keamanan (Sat Intelkam) masing-masing instansi.

"Tapi kemarin kita sudah rakor dengan Sat Intelkam dari Polres dan Kodim. Semua menyampaikan bagaimana pembinaan ke depannya untuk ormas keagamaan tersebut," ujar Soeryaman.

FPI Versi Baru Belum Terdaftar di Kesbangpol

Halaman:

Editor: Amat Heryadin

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

320 Botol Bir Asal Bali Disita Tim Cobra Alpha

Rabu, 27 Oktober 2021 | 02:22 WIB

Sengketa Batas Lahan, Dua Petani Ini Saling Bacok

Selasa, 26 Oktober 2021 | 03:30 WIB

Jual Barang Temuan, Bisa Berurusan Dengan Polisi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 01:49 WIB

Lakukan Uji Coba, Dua Kereta LRT Tabrakan di Cibubur

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:13 WIB
X