• Kamis, 2 Desember 2021

Pilu! Bocah 3 Tahun Alami Usus Bocor, Kantong Kolostomi Diganti dengan Plastik Warung

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Pilu, Bocah 3 Tahun Alami Usus Bocor, Kantong Kolostomi Diganti dengan Plastik Warung (Ayobandung.com)
Pilu, Bocah 3 Tahun Alami Usus Bocor, Kantong Kolostomi Diganti dengan Plastik Warung (Ayobandung.com)

Kab. Bandung, Giwangkara.com -- Bocah tiga tahun asal Desa Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung. Harus menerima nasib malang yang menimpa dirinya saat ini, diketahui bocah yang bernama As Syifa Qolbiah Anwar ini mengalami usus bocor sejak usianya baru tiga bulan.

Hal itu diketahui ketika Syifa, sapaan As Syifa Qolbiah Anwar mengalami panas tinggi dan sakit pada bagian perut sejak usia 3 bulan. Saat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak baru diketahui jika anak pertama dari pasangan Leni Hermawati (44) dan Saepul Anwar (44) itu mengalami kebocoran usus.

Melansir dari Detik.com, diperlukan tindakan cepat, Syifa diharuskan melakukan operasi di Rumah Sakit Immanuel. Untuk pertama kalinya di usianya yang baru lima bulan, Syifa harus menjalani operasi pada bagian perutnya.

Baca Juga: Siap Go International! 6 Pesantren ini Akan Memamerkan Produknya di World Expo Dubai

"Syifa harus dibawa ke RS Immanuel buat dioperasi. Waktu itu belum punya BPJS, jadi pakai SKTM saja," tutur Leni kepada detikcom saat ditemui di rumah tinggalnya, Kampung Ranca, No 27, RT 1, RW 27, Dusun Citawa, Desa Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung, Selasa (26/10/2021).

Perut Syifa pun diharuskan mengikuti prosedur kolostomi, di mana dokter membedah dan membuat lubang pada bagian perut. Kemudian, menempelkan usus yang masih berfungsi pada lubang perut. Maka, usus tersebut akan nampak dari luar seperti daging yang menempel di perut.

Saat Syifa akan buang air besar, kotoran itu akan keluar dari perut yang sudah dilubangi itu. Kotoran hasil pencernaan akan ditampung pada sebuah wadah atau plastik yang hanya sekali pakai. Leni mengenal wadah tersebut dengan nama kolostom.

Baca Juga: Hasil French Open 2021, Fajar/Ryan Ikuti Langkah Marcus/Kevin Lolos ke Putaran 2

Namun, harga kolostom cukup mahal. Maka, ia pun terpaksa menggunakan plastik bening yang tersedia di warung.

Halaman:

Editor: kwon oca

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mayat Misterius Ditemukan di Sungai Dengkeng

Senin, 29 November 2021 | 21:45 WIB
X