• Kamis, 20 Januari 2022

Hadirnya Varian Baru Covid-19 Omircon, Jepang Tutup Akses Masuk WNA dari Seluruh Dunia

- Selasa, 30 November 2021 | 16:31 WIB
Mengenal gejala covid-19 varian omicron  (Detik.com)
Mengenal gejala covid-19 varian omicron (Detik.com)

Giwangkara.com -- Jepang kembali melarang masuk Warga Negara Asing (WNA) dari seluruh dunia terkait dengan menyebarnya varian baru dari virus Covid-19, Omircon.

Aturan itu akan diberlakukan pada hari ini, 30 November 2021, setelah sebelumnya Jepang melonggarkan pengetatan terkait dengan aturan masuk WNA.

"Kami akan melarang masuk (baru) warga negara asing dari seluruh dunia mulai 30 November," tutur Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida, kepada wartawan setempat, seperti dilansir dari detik.com berdasarkan AFP, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Mantan Kades di Bandung Jadi Tersangka Mafia Tanah Senilai Rp 3.3 Miliar

Aturan ini berlaku diseluruh perbatasan Jepang, bahkan sebelumnya WNA yang berstatus negara Jepang pun sempat tidak bisa masuk ke Jepang sama sekali.

Sebelumnya, negara yang dijuluki dengan "Negeri Matahari Terbit" itu sempat melonggarkan aturan masuk WNA terkait bisnis jangka pendek pada awal bulan November lalu.

Menurut laporan media lokal, sekitar 370 ribu pemegang visa tengah menunggu izin untuk masuk ke Jepang dan akan diizinkan masuk secara bertahap.

Baca Juga: Ini Alasan Natasha Wilona Terima Tawaran Web Series 'Dikta dan Hukum'

Pada Jumat (26/11) pekan lalu, otoritas Jepang mengumumkan pembatasan masuk untuk para pelancong dari enam negara Afrika, dengan mewajibkan mereka melakukan karantina selama 10 hari di fasilitas-fasilitas yang ditetapkan pemerintah setibanya di Jepang.

Langkah itu diperluas terhadap tiga negara Afrika lainnya pada Minggu (28/11) waktu setempat. Dengan demikian, total sembilan negara Afrika menjadi target pembatasan masuk ke Jepang, yang terdiri atas Afrika Selatan, Namibia, Lesotho, Eswatini, Zimbabwe, Botswana, Zambia, Malawi dan Mozambik.

PM Kishida menyatakan pada Senin (29/11) waktu setempat bahwa langkah karantina lebih lanjut akan diberlakukan untuk kedatangan dari 14 negara dan wilayah lainnya di mana varian Omicron telah terdeteksi. Dia tidak menyebut lebih lanjut negara-negara yang dimaksud.

Baca Juga: Inilah Momen Saat Awkarin Dilamar oleh Gangga Kusuma, Keanu Agl: She said yes. I'm in tears

Dia menambahkan bahwa Jepang 'berada dalam posisi yang lebih kuat melawan varian Omicron dibandingkan negara-negara lainnya', sembari menyinggung soal aturan wajib masker dan sikap menahan diri tentang perilaku berisiko.

Editor: kwon oca

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X