• Kamis, 20 Januari 2022

Ini Himbauan WHO, terkait Virus Covid-19 Varian Baru: Omicron

- Rabu, 1 Desember 2021 | 15:56 WIB
Ilustrasi Omicron SARS-CoV-2
Ilustrasi Omicron SARS-CoV-2

Giwangkara.com - Setelah sebelumnya dunia digemparkan dengan varian Delta, kini muncul virus Covid-19 dengan Varian baru yakni Omicron atau Varian Corona B.1.1.529.

Digadang-gadang, varian Omicron ini cukup membahayakan karena lebih cepat laju penyebaran penularannya.

Dilansir pada laman kompas.com, Varian ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan (Afsel) dan langsung membuat banyak negara kalang kabut karena dikhawatirkan menambah lonjakan kasus Covid-19 di wilayahnya.

Karena varian ini cukup membahayakan, WHO sampai mengkategorikan varian Omicron sebagai variant of concern (VoC) atau yang harus diwaspadai.'

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Delta dan Omicron

Badan Kesehatan Dunia atau WHO dalam keterangan resminya mengatakan, varian Omicron punya banyak mutasi jika dibandingkan dengan varian Covid-19 terdahulu.

Sejak pertama kali diumumkan pada Kamis (25/11/2021) yang lalu, sudah ada beberapa negara yang mengonfirmasi varian Omicron masuk ke negaranya, seperti AS, Kanada, Arab Saudi, Australia, dan Inggris.

Agar varian Omicron tidak memperparah pandemi, WHO kemudian menginstruksikan kepada seluruh dunia untuk tetap waspada dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Lalu setiap orang di seluruh dunia diwajibkan memakai masker dan selalu menjaga jarak dengan orang-orang di sekitarnya.

Halaman:

Editor: Amat Heryadin

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X