• Jumat, 19 Agustus 2022

Ini Tuntutan Ribuan Buruh yang Demo di Gedung Sate Kemarin

- Rabu, 1 Desember 2021 | 18:06 WIB
Ilustrasi Demo Buruh. (pixabay)
Ilustrasi Demo Buruh. (pixabay)

Giwangkara.com - Ribuan buruh dari berbagai organisasi dan serikat buruh kembali menggelar aksi demo atau unjuk rasa di Gedung Sate, Kota Bandung Selasa, 30 November 2021 kemarin.

Dalam aksinya itu, disebutkan bahwa aksi akan digelar dengan massa yang jauh lebih banyak dengan tuntutan adalah terkait penetapan upah minimum provinsi (UMP).

Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elitos menyampaikan, pihaknya akan menuntut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar tak patuhi aturan yang ada di PP nomor 36 terkait penetapan upah minimun.

Baca Juga: Korlap Demo Akan Dipanggil Imbas Pengeroyokan Anggota Polisi

"Agenda hari ini adalah menuntut kepada gubernur agar tidak patuh terhadap persoalan surat edaran dan Peraturan Pemerintah Nomor 36, karena acuannya Undang-Undang Cipta Kerja dimana Undang-Undang Cipta Kerja ini adalah cacat secara hukum," kata Nining.

Nining menegaskan, pemerintah memiliki kewajiban untuk melindungi kesejahteraan rakyat. Oleh karenanya dia beranggapan jika pemerintah menetapkan upah minimum dengan ikuti aturan PP Nomor 36 tentang pengupahan maka itu justru membuat buruh tak sejahtera.

Pemerintah kan punya tanggung jawab melindungi rakyatnya, salah satunya adalah bagaimana peningkatan kesejahteraan, bagaimana memastikan pendapatan yang layak, dan situasi hari ini jauh dari hal itu," tegasnya.

"Hari ini cukup besar massa aksi yang turun ke Gedung Sate dari berbagai macam organisasi serikat buruh dengan suara yang sama," tegasnya.

 

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: Youtube KompasTV, PRFM 107,5

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hair Style Beberkan Sifat Putri Chandrawati

Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:25 WIB
X