• Kamis, 29 September 2022

Selidiki Ledakan Dahsyat di Pandeglang, Polisi: Bom Ikan, Bukan Teroris

- Selasa, 11 Januari 2022 | 21:36 WIB
Puing-puing rumah karena ledakan bom. (Tribunnews.com/acohasanudin)
Puing-puing rumah karena ledakan bom. (Tribunnews.com/acohasanudin)

Giwangkara.com - Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Banten telah selesai melakukan penyelidikan terkait kasus ledakan bom yang terjadi di Kampung Cisaat, Desa Tangkilsari, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten pada Minggu, 9 Januari 2022 lalu.

Setelah dilakukan pemeriksaan, polisi menemukan bahwa bahan peledak dari bom tersebut tergolong pada ledakan dengan kekuatan kecil 'low explosive'. Kemudian, pihaknya mengatakan bahwa tak ditemukan bahan peledak yang biasa dibuat oleh jaringan teroris.

Maka dari itu, pihaknya memastikan bahwa kejadian naas itu bukanlah berasal dari tindakan teroris.

Baca Juga: Ledakan Bom Terjadi di Pandeglang, Satu Orang Tewas dengan Tubuh Hancur

"Sumber ledakan berasal dari bahan peledak yang digunakan untuk membuat bom ikan, efek ledakan cenderung low explosive, bukan jenis bahan peledak yang dibuat oleh jaringan terorisme," ujar Kepala Bidang Humas Polda Banten Komisaris Besar Shinto Silitonga dalam keterangan tertulis, dikutip dari Tempo.co, Selasa 11 Januari 2022.

Pihak kepolisian telah memastikan hal itu setelah melewati rangakain investigasi 'criminal scientific investigation'  yang dilakukan secara maraton oleh Polda Banten dalam kasus tersebut.

Lebih lanjut, Shinto juga mengatakan bahwa unit Jibom Satbrimob Polda Banten telah melakukan streilisasi di lokasi dan dilanjutkan dengan olah TKP oleh Unit Inafis Ditreskrimsus Polda Banten.

Dari rangkaian sterilisasi dan olah TKP tersebut, pihaknya berhasil menemukan beberapa bungkus plastik kecil sisa flash powder, serbuk belerang, potasium, termasuk alat tumbuk, dan saringan.

Atas temuan itu, pihaknya kemudian melakukan analisa terhadap beberapa komponen tersebut. Lalu didapat hasil bahwa ledakan itu berasal dari bahan peledak yang biasa digunakan untuk membuat bom ikan.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: Tempo.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soeharto Kawan atau Pahlawan dalam G30S PKI?

Rabu, 28 September 2022 | 19:38 WIB
X