• Minggu, 22 Mei 2022

26 Orang Tewas dan Ratusan Rumah Hancur usai Gempa di Afghanistan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 15:44 WIB
Ilustrasi. (Istockphoto)
Ilustrasi. (Istockphoto)

Giwangkara.com - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Afghanistan bagian barat pada Senin, 17 Januari 2022 waktu setempat. Lebih dari 20 orang dilaporkan tewas dan ratusan rumah hancur akibat gempa tersebut.

Diketahui bahwa skala richter perbeda dengan Magnitudo skala Richter digunakan ketika terjadi gempa lokal dan hanya dapat menjangkau jarak kurang dari 600 km atau saat terjadi gempa yang kecil, magnitudo mengukur energi yang dilepaskan untuk menghasilkan gempa bumi berdasarkan luas rekahan, panjang slip, dan sifat rigiditas (kekakuan) batuan.

Dilansir dari detik.com, gempa itu dilaporkan mengguncang wilayah Provinsi Badghis, yang berbatasan dengan Turkmenistan, pada Senin (17/1/2022) sore waktu setempat. Menurut foto-foto yang dibagikan otoritas setempat, rumah-rumah warga yang terbuat dari batu bata hancur akibat gempa.

Baca Juga: Waspada! Hasil Study Mengungkap Anak Usia di Bawah Satu Tahun Rentan Terinfeksi Varian Omicron

Otoritas setempat menyebut gempa itu berkekuatan Magnitudo 5,6 dengan laporan Pusat Seismologi Mediterania-Eropa menyebut pusat kedalaman berada di kedalaman 30 kilometer dari permukaan Bumi. Sementara survei geologi Amerika Serikat (AS) atau USGS melaporkan gempa itu tergolong gempa dangkal dengan kekuatan Magnitudo 5,3.

Juru bicara Provinsi Badghis, Baz Mohammad Sarwary, menuturkan bahwa sedikitnya 26 orang tewas akibat gempa bumi itu, dengan para korban tewas saat atap rumah-rumah mereka ambruk di distrik Qadis.

"Lima wanita dan empat anak-anak termasuk di antara 26 orang yang tewas dalam gempa bumi," ucap Sarwary.

Dia menambahkan bahwa empat orang lainnya mengalami luka-luka. Gempa bumi itu juga berdampak terhadap warga distrik Muqr, namun informasi detail soal korban jiwa maupun kerusakan masih belum tersedia.

Lebih lanjut, Sarwary menambahkan bahwa jumlah korban jiwa mungkin bertambah dengan para petempur Taliban tengah memeriksa area-area terdampak.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Profil, Bio dan Data Pribadi Dorce Gamalama

Rabu, 16 Februari 2022 | 09:24 WIB

BREAKING NEWS: Dorce Gamalama Tutup Usia

Rabu, 16 Februari 2022 | 08:48 WIB
X