• Minggu, 22 Mei 2022

Perbatasan Sosial Ketat, Hong Kong Tolak Penumpang Transit dari 153 Negara

- Selasa, 18 Januari 2022 | 15:57 WIB
Bandara Hong Kong. (Istockphoto)
Bandara Hong Kong. (Istockphoto)

Giwangkara.com - Variant Omicron membuat beberapa negara gusar, tak terkecuali Pemerintah Hongkong yang telah memberikan beberapa kebijakan untuk menihilkan dan memberantas virus untuk negaranya.

Di antaranya kebijakan tersebut adalah pembatasan sosial yang ketat dan juga menolak transit dari beberapa negara.

Dilansir dari detik.com, penumpang dari 153 negara dilarang transit di Hong Kong. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di negara tersebut.

Baca Juga: 26 Orang Tewas dan Ratusan Rumah Hancur usai Gempa di Afghanistan

Pemerintah Hong Kong mengumumkan kebijakan ini pada Jumat (14/1/2022), langkah tersebut diambil sebagai upaya memperketat isolasi global Hong Kong, mengingat negara itu tengah berusaha menihilkan Covid-19.

Di sisi lain, kebijakan yang diambil Hong Kong justru memusingkan bagi banyak maskapai. Apalagi saat ini mereka juga menghindari wilayah China karena memberlakukan aturan karantina yang ketat.

Sementara itu, Hong Kong memberi peringkat wilayah ke dalam kategori berdasarkan seberapa luas infeksi Covid-19. Saat ini, sebanyak 153 negara diklasifikasikan sebagai Grup A. Indonesia pun masuk dalam Grup A tersebut. Mereka yang datang dari negara-negara itu harus karantina selama 21 hari.

"Layanan transit penumpang melalui Bandara Internasional Hong Kong untuk setiap orang yang telah tinggal di Grup A selama 21 hari terakhir akan ditangguhkan," kata perwakilan bandara dalam sebuah pernyataan.

Larangan ini diperlukan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 varian Omicron. Penangguhan ini berlaku mulai hari Minggu (16/1/2022) dan berlangsung selama sebulan ke depan.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Profil, Bio dan Data Pribadi Dorce Gamalama

Rabu, 16 Februari 2022 | 09:24 WIB

BREAKING NEWS: Dorce Gamalama Tutup Usia

Rabu, 16 Februari 2022 | 08:48 WIB
X