• Selasa, 5 Juli 2022

Berikut Profil, Bio dan Data Pribadi Dorce Gamalama

- Rabu, 16 Februari 2022 | 09:24 WIB
Biodata dan Profil Dorce Gamalama, Penyanyi Serba Bisa yang Sempat Beberapa Kali Ganti Nama /Image from Instagram @dg_kcp (Dorce Gamalama)
Biodata dan Profil Dorce Gamalama, Penyanyi Serba Bisa yang Sempat Beberapa Kali Ganti Nama /Image from Instagram @dg_kcp (Dorce Gamalama)

Giwangkara.com - Kabar duka datang dari panggung hiburan Tanah Air. Artis serba bisa Dorce Gamalama meninggal dunia pada hari ini, Rabu (16/2/2022). Berita duka ini telah dikonfirmasi oleh sahabat Dorce Gamalama, Hetty Sunjaya.

Sebelumnya, dalam beberapa waktu belakangan, penyanyi sekaligus presenter Dorce Gamalama dikabarkan telah beberapa kali keluar masuk rumah sakit akibat kesehatannya yang tengah menurun.

Bahkan kabar terakhir,  Dorce Gamalama tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit akibat penyakit yang dideritanya, yakni diabetes akut hingga kondisinya semakin kurus dan lemah.

Komedian senior yang akrab disapa Bunda Dorce ini lahir di Solok, Sumatra Barat, pada tanggal 12 Juli 1963 sebagai seorang laki-laki dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi, dari pasangan Achmad dan Dalifah.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Dorce Gamalama Tutup Usia

Setelah mengubah gendernya, saat ini ia menggunakan nama Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Dalam perjalanan karirnya, Dorce sempat beberapa kali berganti nama mulai dari Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkafeer, Dorce Gamalama, Dorce Ahmad Ketjepet Gamalama hingga akhirnya menggunakan nama Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Dorce sendiri mendapatkan inspirasi nama Gamalama karena suatu perjalanan saat menyanyi di Pulau Ternate bersama Benyamin Sueb, di mana ia melihat Gunung Gamalama.

Penggunaan nama tersebut diberlakukan sejak tahun 1984. Tahun 1990. Setelah pulang dari menunaikan ibadah haji di Makkah, Dorce menambahkan lagi nama Arab di belakang namanya, yakni Halimatussadiyah.

Penyanyi berdarah Minangkabau ini merupakan anak bungsu dari 6 bersaudara. Belum genap satu tahun usia Dorce, ibunya yang bernama Dalifah, dan berprofesi sebagai penjual beras meninggal ketika Dorce berusia 3 bulan.

Baca Juga: Buya Yahya Menjawab Tentang Keinginan Wasiat Pemakaman Dorce Gamalama

Sementara sang ayah, Achmad Ketjepet merupakan seorang pelukis dan juga tentara.

Ayahnya meninggalkan rumah ketika ia berusia 5 bulan dan ditemukan meninggal ketika ia baru berusia satu tahun.

Dorce yang menjadi yatim piatu di usia balita lantas dibesarkan oleh sang nenek yang bernama Siti Darama.

Nenek dari Dorce Gamalama yang akhirnya  memperkenalkan musik padanya saat  masih di bangku Sekolah Dasar.

Halaman:

Editor: Amat Heryadin

Sumber: Media Blitar Pikiran Rakyat, suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Si Jago Merah Beraksi di RS Siloam Palembang

Selasa, 5 Juli 2022 | 12:25 WIB

Pesepeda Menjadi Korban Tabrak Lari Pajero Putih

Minggu, 3 Juli 2022 | 21:19 WIB

Jepang Dilanda Cuaca Panas Ekstrem

Minggu, 3 Juli 2022 | 20:55 WIB
X