• Rabu, 10 Agustus 2022

Diduga Tidak Profesional dalam Kasus Brigadir J, Inspektorat Khusus Periksa 25 Polisi

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:06 WIB
Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo memenuhi panggilan penyidik Mabes Polri terkait dengan kasus kematian Brigadir J yang terjadi di rumah dinasnya (Foto : Facebook/Rohani Simanjuntak)
Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo memenuhi panggilan penyidik Mabes Polri terkait dengan kasus kematian Brigadir J yang terjadi di rumah dinasnya (Foto : Facebook/Rohani Simanjuntak)

Jakarta, Giwangkara.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, inspektorat khusus kini tengah memeriksa 25 anggota polisi yang diduga tidak profesional dalam menangani perkara tewasnya Briigadir Joshua (Brigadir J).

Diketahui bahwa seluruh anggota Polri yang diperiksa berasal dari empat kesatuan.

"Dari kesatuan Div Propam, Polres (Jakarta Selatan), dan juga ada beberapa personel dari Polda (Metro Jaya) dan juga Bareskrim," kata Listyo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Roy Suryo Resmi Ditahan

Listyo juga mengatakan, anggota tim Inspektorat Khusus (Irsus) yang dipimpin oleh Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto sudah melakukan pemeriksaan yang terdiri dari 3 personel perwira tinggi bintang 1, 5 personel berpangkat Komisaris Besar (Kombes), 3 personel berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), 2 personel berpangkat Komisaris Polisi (Kompol), 7 personel perwira pertama, serta 5 bintara dan tamtama.

Menurut Listyo, ada indikasi perbuatan para polisi itu menghambat penanganan tempat kejadian perkara dan proses penyidikan.

"Kita anggap bahwa itu membuat proses olah TKP (terhambat). Tentunya kita ingin semuanya bisa berjalan dengan baik," ujar Listyo.

Baca Juga: Jalanan Licin Akibat Galian, Pemotor Tewas Terlindas Truk di Duren Sawit

Listyo mengatakan, proses pemeriksaan terhadap 25 polisi itu masih berlangsung. Mereka juga akan menjalani pemeriksaan tentang dugaan pelanggaran kode etik.

Halaman:

Editor: kwon oca

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati

Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:47 WIB
X