• Sabtu, 13 Agustus 2022

Dugaan Ada Rekayasa Kasus, Kuasa Hukum Minta Perlindungan untuk Bharada E

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 20:44 WIB
Profil dan Biodata Bharada E
Profil dan Biodata Bharada E

Jakarta, Giwangkara.com -- Kuasa hukum Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Andreas Nahot Silitonga, sudah menjelaskan bahwa kliennya harus dilindungi apabila ternyata adanya dugaan konspirasi besar seputar kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J terbukti.

“Kalau ini memang konspirasi besar, Bharada E harus benar-benar dilindungi. Klien kami juga sebenarnya dari keluarga biasa. Ayahnya bekerja sebagai sopir di Manado, sementara ibunya ibu rumah tangga,” kata Andreas saat forum diskusi virtual yang digelar Jaringan Aktivis Batak dan Forum Mahasiswa Sumut Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2022.

Ia menjelaskan bahwa, di tengah kesimpang-siuran dan banyak dugaan yang ada, pihaknya menegaskan tindakan Bharada E adalah sebagai pembelaan diri. 

 Baca Juga: Brigadir J Diduga Todongkan Senjata ke Arah Istri Ferdy Sambo, Komnas HAM: Belum Ada Saksi

“Kami bukan membela perbuatannya, tetapi kami membela Bharada E menerima haknya sesuai dengan apa yang diberikan dalam KUHP,” katanya.

Ia juga mengatakan sejauh ini belum adanya ancaman yang diterima Bharada E. Akan tetapi ia menyampaikan bahwa ada rasa kekhawatiran terhadapnya. Apabila memang ada rekayasa kasus, maka Pasal 338 KUHP tidak bisa dikenakan dan Bharada E bisa bebas.

“Kalau ada rekayasa, kemungkinan besar bukan klien kami yang melakukannya. Itu nanti bisa jadi pembelaan klien kami. Sekarang proses hukum yang berjalan untuk Pasal 338,” kata Andreas.

 Baca Juga: Hersubeno Arief: Dikhawatirkan Bharada E Bisa Berakhir Tragis

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso menduga ada rekayasa dalam kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Halaman:

Editor: kwon oca

Sumber: Tempo.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beberapa Barang Bukti Kejahatan Ferdy Sambo

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:37 WIB

Ini Motif Ferdy Sambo Membunuh Brigadir J

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:34 WIB
X