• Senin, 5 Desember 2022

Polri Periksa 10 Saksi, Status Ferdy Sambo Belum Naik Jadi Tersangka

- Senin, 8 Agustus 2022 | 12:57 WIB
Ferdy Sambo dan berharap keluarga Brigadir J diberikan kekuatan dan ketabahan.
Ferdy Sambo dan berharap keluarga Brigadir J diberikan kekuatan dan ketabahan.

Jakarta, Giwangkara.com -- Pada peristiwa tewasnya Brigadir J, 10 orang saksi telah diperiksa oleh Inspektorat Khusus (Irsus) Polri. Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo sudah mengatakan pemeriksaan akan dilakukannya oleh Pengawasan dan Pemeriksaan Khusus (Wasriksus) terkait penanganan kasus tewasnya Brigadir J.

"Dari hasil kegiatan pemeriksaan tim gabungan, Wasriksus, terhadap perbuatan Irjen FS yang diduga melakukan pelanggaran prosedur dalam penanganan tindak pidana meninggalnya Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Polri," katanya saat jumpa pers, Sabtu (6/8/2022) malam.

Hasil dari pemeriksaan terhadap 10 orang saksi tersebut, kuat adanya dugaan bahwa Irjen Ferdy Sambo sudah melakukan pelanggaran terkait proses olah TKP.

 Baca Juga: Bharada E Sebut Tak Ada Adu Tembak dalam Kasus Kematian Brigadir J, Peran Atasan Jadi Kunci

"Jadi hasil pemeriksaan Wasriksus atau Irsus terkait menyangkut peristiwa tersebut sudah memeriksa sekitar 10 saksi. Dari 10 saksi tersebut dan beberapa bukti, dari Irsus telah menetapkan bahwa Irjen Pol FS diduga melakukan pelanggaran terkait menyangkut masalah ketidakprofesionalan dalam olah TKP," jelasnya.

Selain melakukan pemeriksaan dugaan adanya pelanggaran etik, Polri juga melakukan pengusutan adanya dugaan pelanggaran pidana melalui tim khusus. Jika Irsus fokusnya menyangkut pelanggan kode etik, sementara Timsus bertugas mencari pembuktian secara ilmiah. Namun kabar terkait isu status Ferdy Sambo naik menjadi tersangka ditepis langsung oleh Dedi.

"Belum. Kalau tersangka yang menetapkan Timsus. Ini kan Irsus. Jangan sampai salah," katanya. Sebagai informasi, pada Sabtu (6/8/2022), Irjen Ferdy Sambo dibawa ke tempat khusus di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

 Baca Juga: Mengharukan! Bharada E Tulis Surat untuk Keluarga Brigadir J, Ini Isinya

Nama Ferdy Sambo saat ini masuk ke dalam daftar 25 nama polisi yang menghalangi proses pengusutan pada kasus tewasnya Brigadir J.

Halaman:

Editor: kwon oca

Sumber: Tvonenews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bakti Kesehatan Biddokes Polda Jabar di Cianjur

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:59 WIB

Kehadiran Polri di Tengah Masyarakat

Rabu, 30 November 2022 | 12:24 WIB

Polri dan Trauma Healing Pasca Gempa Cianjur

Minggu, 27 November 2022 | 11:50 WIB
X