• Jumat, 30 September 2022

Ferdy Sambo Dihubungkan dengan Kasus KM 50, Ada Apa?

kwon oca
- Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:26 WIB
Irjen Ferdy Sambo (Pikiranrakyat com)
Irjen Ferdy Sambo (Pikiranrakyat com)


Jakarta, Giwangkara.com -- Setelah Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penembakan Brigadir Joshua, publik berspekulasi dengan menghubungkan Irjen Ferdy Sambo dengan kasus KM 50. Apakah sebenarnya kasus KM 50 itu?

Sebelumnya, pada kasus KM 50, Irjen Ferdy Sambo menjabat sebagai Kadiv Propam yang menangani kasus tersebut, dan melakukan pengawasan serta analisis bersama Propam Polri.

Ia menegaskan keterlibatan Divisi Proram dalam kasus ditembaknya enam anggota laskar FPI bukan karena indikasi pelanggaran, namun bertugas memeriksa penggunaan kekuatan sudah sesuai Perkap atau belum.

Baca Juga: Ferdy Sambo Ditetapkan sebagai Tersangka, Kapolri: Tidak Ada Fakta Saling Tembak

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait dengan kasus KM 50, berdasarkan kutipan dari Pikiranrakyat.com;

Kronologi kasus KM 50 didapat dari pernyataan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam persidangan Briptu Fikri R dan Ipda M Yusmin O di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin 18 Oktober 2021.

Kasus KM 50 bermula dari tidak hadirnya Muhammad Rizieq Shihab atau dikenal sebagai Habib Rizieq dalam pemeriksaan sebagai saksi pada kasus pelanggaran protokol kesehatan untuk kedua kalinya.

Baca Juga: Sosok Istri Ferdy Sambo Yang Muncul Di Publik, Bukanlah Sosok Yang Sebenarnya?

Pihak Polda Metro Jaya kemudian menerima informasi bahwa simpatisan Habib Rizieq akan menggeruduk gedung Polda Metro Jaya.

"Mendengar aksi penggerudukan tersebut, Polri melakukan antisipasi dengan memerintahkan anggotanya, yakni terdakwa Briptu Fikri R, terdakwa Ipda M Yusmin O, Ipda Elwira Priadi Z yang telah meninggal dunia, saksi Aipda Toni Suhendar, Bripka Adi I, Bripka Faisal KA, dan Bripka Guntur P untuk menyelidiki rencana penggerudukan tersebut," ujar JPU dalam surat dakwaan, Senin 18 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: kwon oca

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X