• Jumat, 30 September 2022

Peran Masing-masing Tersangka dalam Kasus Brigadir J

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:44 WIB
Ferdy Sambo (tempo.co)
Ferdy Sambo (tempo.co)

Jakarta, Giwangkara.com -- Kepala Bareskrim Komjen Agus telah mengungkap adanya peranan empat tersangka dalam peristiwa pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Mereka yang menjadi tersangka adalah Bharada E atau Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu (RE), Brigadir Polisi Kepala Ricky Rizal (RR), KM, dan Inspektur Jenderal Ferdy Sambo (FS).

Agus sendiri menjelaskan masing-masing peran dari empat orang tersangka tersebut. Bharada E ditugaskan untuk melakukan penembakan terhadap Brigadir J. Ricky Rizal dan KM diduga turut membantu dan menyaksikan penembakan Brigadir J.

Baca Juga: Budayawan: Tewasnya Brigadir J Pantas Diratapi oleh Semua Orang Batak

“Irjen Pol FS menyuruh melakukan dan menskenario peristiwa seolah-olah terjadi peristiwa tembak-menembak di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo di Komplek Polri Duren Tiga,” tutur Agus dalam konferensi pers di Mabes Polri, Selasa, 9 Agustus 2022.

Menurut Agus, hasil pemeriksaan keempat orang tersangka melaksanakan perannya masing-masing, penyidik menerapkan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55, 56 KUHP.

"Dengan ancaman maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup atau penjara selama-lamanya 20 tahun,” ujarnya.

Baca Juga: Benarkah Bharada adalah Pangkat Terendah, Simak Kepangkatan Kepolisian di Bawah Ini

Lebih lanjut lagi, Agus menjelaskan, tim khusus telah menganalisa hasil dari pemeriksaan atau autopsi yang dilaksanakan kedokteran forensik Polri. Lalu mengecek hasilnya dan perkenaan tembakan, serta dugaan penganiayaan.

Halaman:

Editor: kwon oca

Sumber: Tempo.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X