• Kamis, 8 Desember 2022

Mengenal Sesar Cimandiri Penyebab Gempa Bumi Cianjur, Warga Jabar Waspada Gempa Susulan

- Selasa, 22 November 2022 | 08:36 WIB
Sesar CImandiri merupakan sesar tertua yang ada di Jabar dan masih aktif yang mempunyai aktifitas seismik tergolong tinggi. (Foto: BMKG)
Sesar CImandiri merupakan sesar tertua yang ada di Jabar dan masih aktif yang mempunyai aktifitas seismik tergolong tinggi. (Foto: BMKG)

Giwangkara.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa gempa bumi yang terjadi di Cianjur dipicu oleh aktifitas Sesar Cimandiri yang membentang di Jawa Barat.

Aktifitas Sesar Cimandiri yang menyebabkan gempa bumi di Cianjur, menelan banyak korban jiwa dan ribuan bangunan rusak berat.

Terjadinya gempa bumi magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022), berpusat di Sukabumi. Namun guncangan yang kuat, berdampak ke wilayah Jabodetabek dan Cianjur.

 Baca Juga: Gak Pake Ribet! Ini Link Nonton The Walking Dead Season 11 Full Episode Sub Indo, Tanpa Iklan dan Shotlink

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar Cimandiri," terang Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Menurut studi BMKG, Sesar Cimandiri merupakan satu dari enam struktur regional yang masih aktif di Jawa Barat.

Selain Sesar Cimandiri, masih ada lima sesar lain di Jawa Barat yakni Sesar Baribis, Sesar Cipamingkis, Sesar Garsela, Sesar Citarik dan Sesar Lembang.

 Baca Juga: Heboh! Dispatch Ungkap Lee Seung Gi Dibayar 0 Won Untuk Musiknya Selama 18 Tahun, Ini Kronologi Selengkapnya..

BMKG menyebut Sesar Cimandiri adalah yang tertua di Jabar jika dibandingkan dengan lima sesar lainnya.

Melansir dari penelitian Rendi A.M dan Riw Sulsadin yang dimuat di akun twitternya @munandar20ra membahas tentang gempa bumi pada Sesar Cimandiri.

Halaman:

Editor: Rizal Zulfikar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD dan Pemkab Muaratara Tak Berkutik

Rabu, 7 Desember 2022 | 09:40 WIB
X