• Kamis, 8 Desember 2022

Waspadai Longsor dan Banjir Pasca Gempa Bumi, BMKG Beri Himbauan untuk Warga Cianjur, Begini Katanya..

- Selasa, 22 November 2022 | 16:52 WIB
Waspadai longsor dan banjir pasca gempa bumi, BMKG beri himbauan untuk warga Cianjur, begini katanya.. (bmkg.go.id)
Waspadai longsor dan banjir pasca gempa bumi, BMKG beri himbauan untuk warga Cianjur, begini katanya.. (bmkg.go.id)

Giwangkara.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan himbauan kepada warga Cianjur Jawa Barat untuk tetap waspada.

Karena dikahwatirkan akan terjadi bencana lanjutan berupa tanah longsor dan banjir bandang setelah adanya guncangan gempa bumi magnitude 5,6.

Dwikorita Karnawati selaku Kepala BMKG mengatakan bahwa himbauan tersebut dikhususkan untuk warga Cianjur yang bertempat tinggal di daerah lereng-lereng perbukitan atau lembah bahkan bantaran sungai.

Kepala BMKG Dwikorita karnawati juga mengatakan jika kemungkinan besar daerah sekitar lereng-lereng di perbukitan Cianjur akan mengalami longsor karena rapuh usai terjadinya gempa bumi.

Baca Juga: Dikabarkan Tutup Usia, Ki Prana Lewu Berikan Kesaksian Tentang Ketaatan Ibadah Ki Joko Bodo, Begini Katanya..

Kemungkinan adanya longsor dan banjir bandang juga bisa diperparah dengan intensitas curah hujan yang tinggi di daerah Cianjur.

"Lereng-lereng yang rapuh ini ditambah hujan deras dapat memicu terjadinyalongsor dan banjir bandang dengan membawa material runtuhan lereng," tutur Dwikorita Karnawati pada Selasa (21/11/2022), dikutip Giwangkara.com dari PMJ News.

Baca Juga: Memasuki Tahap Lelang, DPRD Jabar Berharap TPPAS Legok Nangka Dapat Segera Beroperasi

Dengan demikian Kepala BMKG, Bwikorita Karnawati pun mengimbau untuk warga Cianjur disekitar lereng-lereng perbukitan untuk terus waspada adanya bahaya dari bencana susulan usai gempa bumi.

Halaman:

Editor: I. A. Kurniawan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD dan Pemkab Muaratara Tak Berkutik

Rabu, 7 Desember 2022 | 09:40 WIB
X