Gunung Semeru Meletus Erupsi Puluhan Kali, BNPB: Status Naik Jadi 'Awas' Hampir 2 Ribu Warga Mengungsi

- Senin, 5 Desember 2022 | 11:22 WIB
Gunung Semeru meletus erupsi puluhan kali, PVMBG naikkan status jadi awas. BNPB mencatat dua ribu warga sekitar harus mengungsi  (Foto: Tangkapan layar dari BNPB)
Gunung Semeru meletus erupsi puluhan kali, PVMBG naikkan status jadi awas. BNPB mencatat dua ribu warga sekitar harus mengungsi (Foto: Tangkapan layar dari BNPB)

Giwangkara.com – Gunung Semeru yang merupakan salah satu gunung aktif di pulau Jawa, mengalami letusan erupsi puluhan kali sejak statusnya menjadi awas.

Melansir dari magma.esdm.go.id telah terjadi erupsi Gunung Semeru pada Minggu (04/12/2022), pukul 02:46 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan. Erupsi Gunung Semeru ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm.

 Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Senin 5 Desember 2022: Abimana Memiliki Rencana Jahat, Mama Sarah Khawatir Kepada Elsa

Seperti yang diketahui, Gunung Semeru merupakan gunung api aktif di Indonesia dengan ketinggian 3676 meter di atas permukaan laut.

Oleh karena itu menjadikan puncaknya yang disebut Mahameru, menjadi puncak atau tanah tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

 Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, BMKG Himbau untuk Tidak Beraktivitas Radius 5 Km dari Puncaknya

Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pada hari kemarin, Gunung Semeru mengalami letusan atau erupsi puluhan kali sejak statusnya ditingkatkan dari 'Siaga' menjadi 'Awas' atau dari Level III menjadi Level IV oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Halaman:

Editor: Rizal Zulfikar

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciayumajakuning Masih Butuh 10000 SS

Senin, 23 Januari 2023 | 14:03 WIB

DPRD dan Pemkab Muaratara Tak Berkutik

Rabu, 7 Desember 2022 | 09:40 WIB
X