• Rabu, 27 Oktober 2021

Tips Merubah Kegagalan Jadi Sebuah Keberhasilan Secara Elegan

- Minggu, 19 September 2021 | 17:21 WIB
Ilustrasi (https://d1f5hsy4d47upe.cloudfront.net/)
Ilustrasi (https://d1f5hsy4d47upe.cloudfront.net/)

Giwangkara - Saat Anda tak berhasil meraih sesuatu yang Anda dambakan, berbagai emosi negatif akan menguasai kepala Anda. Belum lagi, Anda juga jadi malu bertemu dengan orang lain.

Namun, kegagalan sesungguhnya adalah sesuatu yang normal terjadi pada manusia.
Berkaca dari beberapa orang yang saat ini mempunyai nama besar dan sukses pada bidangnya pun, sama melewati fase yang di namakan kegagalan. Namun mereka segera melalui proses tersebut dengan sikap positif.

Giwangkara.com meringkas dari beberapa sumber untuk dijadikan referensi untuk merubah kegagalan menjadi keberhasilan, sebagai berikut :

1. Optimis
Sikap optimis ditandai dengan cara pandang yang positif. Mereka yang optimis akan melihat kegagalan sebagai keberhasilan yang tertunda.

Pandangan tersebut, meski terkesan naif bagi sebagian orang, namun justru bisa meningkatkan semangat untuk maju. Mental Anda juga tidak akan mudah down dengan mindset yang optimis tersebut.

2. Hentikan Kebiasaan Berkhayal
Albert Einstein mengatakan bahwa imajinasi seseorang adalah sesuatu yang lebih penting daripada wawasannya. Namun, imajinasi yang dimaksud tentu bukan berkhayal di siang bolong tentang diri Anda yang tiba-tiba menjadi sukses.

Bukannya berhasil dan bisa mengubah kegagalan menjadi keberhasilan, Anda justru tidak akan punya progress apapun. Anda akan stagnan, sebab Anda merasa impian Anda sudah diwujudkan lewat khayalan.

3. Apresiasi Keberhasilan Kecil Anda
Tiap keberhasilan kecil patut diapresiasi. Apalagi bila keberhasilan kecil itu dulunya selalu gagal Anda wujudkan. Toh dari yang kecil-kecil, keberhasilan Anda bisa semakin besar.

Ingatlah kata pepatah bahwa keberhasilan yang besar terdiri dari keberhasilan kecil yang konsisten. Contohnya saja dalam hal akademik.

Prestasi Anda mulanya mungkin terasa begitu-begitu saja. Hanya saja, nilai ulangan Anda memang selalu bagus dan semangat Anda pun tinggi. Melihat itu, pihak sekolah memutuskan untuk memberikan beasiswa kepada Anda. Anda juga dijadikan wakil dalam berbagai kegiatan antar sekolah.

4. Terus Koreksi Diri, Terbuka dengan Saran dan Kritik
Untuk mengubah kegagalan menjadi keberhasilan, Anda juga perlu menjadi orang yang terbuka. Coba dengarkan saran, kritik, dan opini orang lain. Kenapa ini penting?

Sebab setiap orang pasti punya pandangan yang terbatas. Sepandai apapun Anda, akan ada hal-hal yang tidak Anda sadari karena bisa pribadi atau kurang pengalaman.

Bertanya pada orang lain, akan memperkaya pandangan Anda. Anda jadi bisa memperbaiki rencana yang sedang dijalani. Atau, Anda bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

5. Sabar
Berhentilah membayangkan bahwa usaha meraih impian adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Seringkali, Anda harus jungkir balik melakukannya. Apalagi bila Anda sudah pernah mengalami kegagalan.

Oleh sebab itu, dalam ranah sikap, penting sekali untuk menanamkan sikap sabar. Sabarlah ketika menghadapi masalah, dan sabarlah ketika impian yang Anda dambakan tak kunjung terwujud.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selain Enak dan Murah, Berikut Manfaat Makan Tahu!

Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:18 WIB

Dapat Mengatasi Jerawat, Inlah 3 Manfaat Bawang Putih!

Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:04 WIB

Tradisi Mengerikan yang Terjadi di Indonesia

Selasa, 26 Oktober 2021 | 09:47 WIB

Ini 5 Alasan Penting Mengonsumsi Vitamin C

Senin, 25 Oktober 2021 | 20:10 WIB

Inilah Tanda Bahwa Dia Cinta Sejatimu!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:35 WIB

Ini Cemilan Weekend Resep Bubur Jagung Manis

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:51 WIB

Buatlah Weekend Anda Berirama dengan 5 Lagu Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:31 WIB

Dapatkan Inner Beauty Kamu dengan 3 Hal Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:12 WIB
X