• Kamis, 20 Januari 2022

Lakukan ini Jika Kamu Mengalami Pelecehan Seksual!

- Minggu, 28 November 2021 | 21:50 WIB
Ilustrasi pelecehan seksual.
Ilustrasi pelecehan seksual.

 

giwangkara.com -- Pelecehan seksual dalam berbagai bentuk kerap kali meninggalkan trauma yang berkepanjangan pada korbannya. Korban yang mengalami hal ini kadang merasa tak berdaya atau tak tahu harus berbuat apa.

Sebuah penelitian dari Kemendikbudristek menunjukkan data bahwa 63 % korban pelecehan seksual dikampus tidak melaporkan kejadian ini karena khawatir stigma negatif.

Kekerasan seksual dapat terjadi dimanapun, di kampus, di sekolah, di tempat kerja bahkan di tempat umumpun dapat terjadi seperti yang dialami oleh seorang nasabah sebuah bank BUMN yang sedang antre untuk mendapatkan pelayanan perbankan namun mengalami perlakuan tak senonoh oleh nasabah lain yang tidak dikenal oleh korban.

Baca Juga: Kekerasan Seksual di Kampus, Fenomena “Gunung Es”

Namun yang paling sering terjadi justeru pelaku pelecehan seksual adalah orang yang dikenal dekat oleh korban, seperti teman sekerja, teman sekampus atau bahkan dilakukan oleh orang yang dihormati oleh korban seperti atasan atau dosen.

Dalam lingkungan kerja, pelecehan yang dilakukan pelaku dapat berupa penyerangan yang dilakukan secara berulang kali kepada korban dengan tujuan untuk mempermalukan, menghina, mengintimidasi maupun memanipulasi korbannya dengan pelecehan terhadap ras, gender, budaya, usia, agama hingga pelecehan seksual.

Melansir alodokter.com, pelecehan dapat berdampak pada fisik dan mental korbannya. Orang yang mengalami pelecehan di tempat kerja bisa saja merasa rendah diri, ketakutan, kelelahan, putus asa, malu, sampai merasakan gejala fisik tertentu, seperti nyeri otot, jantung berdebar, hingga susah tidur.

Bila terjadi dalam waktu yang lama, pelecehan bisa membuat korban menjadi trauma, menarik diri dari kehidupan sosial, bermasalah dengan keluarga, serta berisiko mengalami penyakit mental, seperti gangguan cemas dan depresi.

Halaman:

Editor: Sandy D. Rochmana

Sumber: alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahal Banget! Parkir Bus di Yogyakarta Rp. 350 Ribu

Kamis, 20 Januari 2022 | 11:17 WIB

Perlengkapan Wajib untuk Si Kecil Saat Musim Hujan

Rabu, 19 Januari 2022 | 15:02 WIB

6 Jenis Bully yang Harus Diwaspadai!

Sabtu, 15 Januari 2022 | 12:09 WIB

Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:52 WIB

Tips ini Ajarkan Anak Mampu Membela Diri Sendiri

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:45 WIB

10 Kota Dunia yang Kasih Gaji Tinggi ke Pegawai Baru

Jumat, 14 Januari 2022 | 20:24 WIB
X