• Minggu, 22 Mei 2022

Tips ini Ajarkan Anak Mampu Membela Diri Sendiri

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:45 WIB
Ilustrasi bullying. (Istockphoto)
Ilustrasi bullying. (Istockphoto)

Giwangkara.com - Masalah bullying selalu ada disekitar kita entah dalam lingkungan internal dan keluarga.

Banyak yang menemukan anak yang menjadi korban bullying terlebih lagi anak tersebut pasif, sulit bersosialisasi, dan terlbilang cukup lemah, yang menjadi sasaran empuk dalam bullying.

Dengan hal ini kita sebagai orang tua, kakak ataupun wali harus mengajarkan anak agara mampu membela dirinya sendiri, hal ini berdasarkan pengalaman pribadi oleh Ficky Yusrini yang dilansir dari Mommiesdaily.com.

Baca Juga: Insecure dengan Karakter Lydia, Anya Geraldine Turunkan Berat Badan

Jaga Keterbukaan

Tantangan menghadapi anak berkepribadian introvert adalah menjaga bonding tetap kuat agar ia mau menjadikan kita orang kepercayaannya untuk mengekspresikan segala emosi.

Masalah dalam hubungan pertemanan akan selalu ada, pastikan anak terbuka pada kita tentang teman-temannya. Tingkat ketahanan anak menghadapi tekanan berbeda-beda. Bisa jadi, menurut kita sepele, tapi buat anak kita, itu adalah problem besar sampai mengganggu mood dan emosinya. Sebagai orang tua, kita tidak boleh menyepelekan masalah sekecil apa pun.

Dengarkan dan Ajak Diskusi

Saya tipe orang tua yang kurang suka mendikte anak dan mencarikan solusi untuk setiap masalahnya. Buat saya, cukup jadi pendengar dulu. Tidak mudah, sebab seringnya kita sudah ‘panas’ duluan mendengarnya dan tidak sabar langsung memberi saran agar menghadapinya dengan kejantanan layaknya laki-laki. “Pukul balas pukul, dong!” “Lawan! Jangan diam!”.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: mommiesdaily.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X