• Minggu, 22 Mei 2022

Inilah Jenis Masker Terbaik Tangkal Omicron Ala dr Faheem Younus

- Senin, 17 Januari 2022 | 12:33 WIB
Ilustrasi masker. (Istockphoto)
Ilustrasi masker. (Istockphoto)

Giwangkara.com - Varian Omicron kali ini sudah mulai merambat ke berbagai negara. Gelaja Covid-19 varian Omicron dengan efek samping yang ringan untuk yang sudah vaksin, namun kita harus tetap harus menjaga protokol kesehatan.

Dilansir dari detik.com, kali ini pakar penyakit menular Amerika Serikat, dr Faheem Younus membeberkan betapa efektifnya masker mencegah penularan Covid-19, termasuk varian Omicron.

Terbukti kala dirinya bertemu dengan banyak pasien Covid-19 selama 2 tahun ke belakang, ia tak pernah terinfeksi karena disiplin memakai masker.

Baca Juga: Demi Nama Baik Keluarga. Wanita Ini Menikah Tanpa Suami

Berbeda saat menghadiri acara keluarga, selama dua hari ia tidak menggunakan masker sama sekali. Akibatnya, ia terpapar Covid-19 varian Omicron.

"Saya menghadiri acara keluarga selama 2 hari tanpa menggunakan masker, dan terpapar Covid-19 varian Omicron," jelasnya dalam cuitan Twitter pribadi, Sabtu, 15 Januari 2022.

"Jadi benar. Masker itu sangat efektif. Pakailah masker N95 atau KN95," sambung dia.

Anjuran dr Faheem ini serupa dengan wacana pedoman baru Pusat dan Pencegahan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) yang menyarankan menggunakan masker N95 atau KN95, karena tingkat filtrasi lebih tinggi. Sementara masker kain sama sekali tidak disarankan untuk dipakai menangkal Covid-19 termasuk Omicron.

Beberapa waktu lalu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi juga mengingatkan masker kain tak bisa melawan infeksi atau penularan varian Omicron.

Halaman:

Editor: Rian Andrian

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X