• Jumat, 30 September 2022

Fakta Mengejutkan! Bumi Berputar pada Porosnya Kurang dari 24 Jam dalam sehari. Ini Dampaknya

- Senin, 8 Agustus 2022 | 16:53 WIB
Ilusttasi Bumi (Wikipedia.org)
Ilusttasi Bumi (Wikipedia.org)

Giwangkara.com - Pernahkah kamu merasakan bahwa perputaran hari makin terasa lebih cepat, seolah 24 jam tidak cukup untuk menyelesaikan semua urusan kita di dunia.

Hal tersebut memang terjadi, pasalnya telah diketahui bumi sekarang berputar pada porosnya dibawah 24 jam. Dimana seharusnya bumi berputar pada porosnya ialah 24 jam.

Hal tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak awal tahun 2020, mengapa demikian ? dikarenakan fenemona perubahan iklim yang semakin luas, mencairnya gletser, pergerakan inti cair bagiaan dalam planet, aktivitas seismic, dan fenemona goyangan chandler.

Baca Juga: BMKG Prediksi Suhu di Jakarta Hari Ini Berkisar 24-34 Derajat Celcius

Goyangan Chandler merupakan penyimpanan kecil pada sumbu rotasi bumi, tidak berbeda dengan getaran yang terlihat ketika bagian atas yang berputar memperoleh momentum atau melambat.

Tentu saja semua kejadian ini menimbulkan dampak, dikutip dari First Post dampak yang akan ditimbulkan yakni satelit GPS yang sudah harus dikoreksi untuk efek teori relativitas umum Einstein akan segera menjadi tidak berguna.

Hal tersebut akan berpengaruh pada kecerdasan ponsel, computer dan system komunikasi pada umumnya yang disinkronkan dengan server Network Time Protocol (NTP)fenomenBaca Juga: Ini yang Akan Terjadi Jika Asteroid Menabrak Bumi!

Untuk mengatasi semua hal tersebut, pencatat waktu internsional mungkin perlu menambahkan detik kabisat negative. Menurut Independent, UTC, standard waktu utama yang digunakan di dunia untuk mengatur jam dan waktu , telah diperbarui dengan detik kabisat 27 kali. 

Editor: Indana Zulfa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jakarta Film Week Kembali Hadir 2022, Ada Keseruan Apa?

Kamis, 29 September 2022 | 19:05 WIB

Fakta Menarik Jalan-Jalan ke Tanjungbalai Asahan

Rabu, 28 September 2022 | 19:10 WIB
X