• Senin, 5 Desember 2022

CEK FAKTA, Merasa Depresi dan Kesepian Lebih Mematikan daripada Merokok?

- Kamis, 29 September 2022 | 06:10 WIB
Ilustrasi Depresi/Foto Ist
Ilustrasi Depresi/Foto Ist

Giwangkara.com – Dapat dipastikan bahwa penyakit depresi dan kesepian merupakan penyakit yang menyerang sisi psikologis, dibandingkan dengan rokok yang menyerang system pernafasan secara langsung.

Namun menurut penelitian dampak psikologis ini dapat berakibat pada tubuh seseorang yang beberapa diantaranya dapat mempercepat penuaan.

Salahsatu perusahaan bioteknologi Deep Longevity, mengatakan bahwa mereka sangat terkejut Ketika melihat dampak faktor psikologis terhadap penuaan, Ketika dibandingkan dengan kebiasaan seseorang yang merokok.

Baca Juga: Ternyata Depresi Ada Tingkatannya, Simak Ulasan Berikut!

Penelitian ini menggunakan metode 'Ageing Clock' atau jam penuaan dan merupakan sebuah model statistik yang mengukur usia biologis bukan usia Kronologis seperti umur,

Studi menggunakan metode ini diuji hampir pada 12.000 orang dewasa di China.

"Metode ini mengidentifikasi jejak penuaan dengan memeriksa profil biomarker yang dianotasi dengan usia kronologis. Kemudian bisa memperkirakan usia seseorang dengan melihat biomarkernya" kata Fedor Galkin, kepala penelitian dari Deep Longevity pada Euronews.

Baca Juga: Selai Kacang Merah, Opsi Diet Bagi Para Pecinta Manisan

Peneliti mengatakan prediktor usia yang paling penting adalah tekanan darah dan protein yang menandakan Kesehatan ginjal atau yang disebut sebagai Cystatin C, Indeks massa tubuh, dan kapasitas paru-paru.

Halaman:

Editor: Amat Heryadin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daddy Rohanady: Anak sebagai Aset Bangsa

Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:22 WIB
X